BPIP Sebut Waisak Momentum Welas Asih Terhadap Sesama di Tengah Pandemi

Kamis, 07 Mei 2020 - 13:19 WIB
loading...
BPIP Sebut Waisak Momentum Welas Asih Terhadap Sesama di Tengah Pandemi
Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo menyatakan, Hari Raya Waisak momentum untuk menerapkan nilai-nilai mulia Sidharta Gautama. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengucapkan selamat Hari Raya Waisak 2564 BE yang jatuh pada hari ini, Kamis 7 Mei 2020. Perayaan Waisak ini begitu spesial sebab pada Hari Raya Waisak umat Budha akan memperingati tiga peristiwa penting. (Baca juga: Ucapkan Hari Raya Waisak, Jokowi: Kita Bersama Lewati Segala Ujian)

Ketiga peristiwa penting itu yakni lahirnya Sidharta Gautama, penemu dan pencetus Agama Buddha, tercapainya Sidharta Gautama dalam tahap penerangan Agung dan menjadi Buddha, dan hari dimana Buddha Gautama wafat.

Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo menjelaskan masyarakat dapat belajar dari Sidharta Guatama mengajarkan keutamaan dalam dharma khususnya di tengah pandemi COVID-19. “BPIP mengucapkan selamat Hari Raya Waisak, dalam menghadapi Corona kita bisa belajar dari Sidarta Gautama mengajarkan keutamaan dalam dharma. Intinya welas dan cinta kasih kepada semua mahluk hidup,” kata Benny kepada SINDOnews, Kamis (7/5/2020).

Benny menjelaskan dharma dibutuhkan bangsa dalam merespons pandemi Corona. Keutamaan dharma inilah dibutuhkan bangsa dalam merespons wabah ini yakni, semangat welas asih terhadap sesama manusia yang mengalami penderitaan akibat badai Corona.“Dharma bahasa cinta itu memberi dari kekuranganya kepada mereka membutuhkan inilah teladan Sidarta Gautama agar semua umat manusia di dunia berbakti kepada sesama lewat upaya solidaritas kemanusian,” jelas Rohaniawan Kristiani ini.

Benny melanjutkan, wujud dharma ini dapat memperkuat kesadaran bangsa Indonesia agar mampu bangkit mengatasi dampak virus Corona. “Semangat dharma menjadi kebajikan untuk bersatu padu mengatasi Corona dengan semangat Dharma untuk nusa dan bangsa. Kita bersama bergotong royong untuk bergerak bersatu dalam satu kata yakni, mari kita berbagi untuk saudara kita terkena dampak Corona,” imbaunya. *kiswondari
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2472 seconds (0.1#10.140)