Minta Ada Pelatihan Treatment Vaksin COVID-19, Jokowi: Ini Bukan Barang Gampang

Senin, 19 Oktober 2020 - 15:14 WIB
loading...
Minta Ada Pelatihan Treatment Vaksin COVID-19, Jokowi: Ini Bukan Barang Gampang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa vaksinasi nantinya perlu persiapan lapangan yang baik. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengatakan bahwa vaksinasi nantinya perlu persiapan lapangan yang baik. Dia juga menyebut perlunya pelatihan atau training bagi para petugas yang mengurus vaksin COVID-19 .

“Ini perlu persiapan lapangan, perlu persiapan untuk implementasi. Sehingga perlu juga yang berkaitan dengan training-training,” ujarnya saat membuka rapat terbatas, Senin (19/10/2020). (Baca juga: Jokowi: Menkes Urus Vaksin Gratis, BUMN Urus yang Berbayar)

Dia meminta agar treatment terhadap vaksin COVID-19 tidak dianggap enteng. Menurutnya setiap vaksin memiliki perlakukan yang berbeda-beda. Sehingga perlu adanya pelatihan untuk hal ini.

“Jangan menganggap enteng. Ini bukan hal yang mudah. Training membawa vaksin, training menaruh vaksin karena ini dalam jumlah yang banyak. Karena vaksin-vaksin pun ini harus mendapatkan treatment dan perlakuan yang spesifik. Tiap vaksin beda-beda. Dari G42 itu beda, dari Sinovac beda lagi, nanti dari AstraZeneca beda lagi. Nyimpennya di cold storagenya seperti apa, tidak boleh guncang apa boleh,” tuturnya.

Jokowi minta agar terkait hal ini melibatkan perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO di Indonesia. (Baca juga: Jokowi Ingin Komunikasi Publik soal Vaksin COVID-19 Disiapkan Matang)

“Ini dan saya minta ini dilibatkan WHO, WHO Indonesia agar mereka bisa memberikan training-training. Sehingga apa standarnya itu menjadi jelas. Hati-hati. Hati-hati mengenai vaksin. Bukan barang gampang ini. Setelah saya pelajari semakin hari semakin saya yakin tidak mudah,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)