Kisah Serda Sahidin, Latih Fisik Anak hingga Jadi Perwira

Senin, 19 Oktober 2020 - 09:46 WIB
loading...
Kisah Serda Sahidin, Latih Fisik Anak hingga Jadi Perwira
Figgy Heryansyah resmi dilantik menjadi perwira oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan memiliki pangkat Letnan Dua (Letda). FOTO/CAPTURE/YouTube TNI AD
A A A
JAKARTA - Tanggal 14 Juli 2020 merupakan salah satu momen membanggakan bagi Serda (Har) Sahidin. Bagaimana tidak, anaknya, Figgy Heryansyah resmi dilantik menjadi perwira oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan memiliki pangkat Letnan Dua (Letda).

Serda Sahidin pun merasa amat bangga saat anaknya mengucapkan sumpah prajurit bersama 253 prajurit Akademi Militer (Akmil) lainnya. Kebanggaan itu diceritakan Sahidin di kanal Youtube TNI AD dengan judul 'Anakku Komandanku'.

"Waduh bangga sekali. Apalagi pelantikan langsung, walaupun sedang pandemi dari Bapak Presiden bangga sekali. Bangga lah bangga sekali enggak bisa diucapkan," kata Sahidin dalam video yang dilihat iNews, Senin (19/10/2020). ( )

Sahidin menuturkan, kehidupan Letda Figgy Heryansyah sejak kecil sudah tidak asing lagi dengan dunia militer, di mana Sahidin dan keluarganya tinggal di lingkungan asrama. Pada 2016, lanjut Sahidin, anaknya Figgy mulai mendaftarkan dirinya Akmil, dan langsung diterima.

"Memang kalau di asrama ini kan sudah enggak kaget lagi lihat tentara, jadi SMP, SMA sama-sama omnya itu sehari-hari. Kebetulan pada tahun 2016 kemarin dia daftar masuk Akmil alhamdulillah langsung keterima," tuturnya.

Letda Figgy, ungkap Sahidin, merupakan anak yang tidak pernah membantah perintah orang tua, bahkan sedari SD sering mengikuti pelombaan dan berprestasi di bidang olahraga. Menurutnya, itulah yang menjadi bekal Figgy ketika mendaftatkan diri menjadi taruna Akmil. ( )

"Alhamdulillah anaknya penurut. Waktu SD kan sering ikut O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional), saya kursuskan olahraga. Dari SD dan SMP berprestasi," ucapnya.

Kemudian, Sahidin melanjutkan ceritanya, sudah jauh-jauh hari dia mempersiapkan anaknya menjadi tentara. Menurutnya, sejak duduk di bangku SMP, Letda Figgy rajin dilakukan check-up kesehatan setiap enam bulan sekali. "Jadi jauh-jauh sebelumnya sudah saya harapkan seperti kesehatan itu sudah saya check up-kan, masih SMP kelas 3 sudah sampai tamat SMA, enam bulan sekali saya check up-kan," katanya.

Kesiapan fisik, Letda Figgy juga dilatih sendiri oleh sang Bapak. Menurutnya, untuk akademik, dia mempersilakan sang anak bereksplorasi akan hal tersebut. "Saya latih sendiri kebetulan di asrama juga kan. Nah dua itu aja yang penting. Pertama kesehatan yang kedua jasadnya. Saya bilang kalau akademik orang tuanya itu enggak terlalu mengerti apa-apa, mungkin dia yang lebih akademik," ucapnya.

Pada saat Letda Figgy Heryansyah lulus dan dilantik Prsedin menjadi taruna TNI AD, Serda Sahidin sempat memberinya hormat dan memeluknya. Tak hanya itu, sebagai bentuk berbakti kepada orang tua, Letda Figgy pun bersujud dan mencium kaki ibunya di tengah lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang pasca Upacara Prasetya Perwira (Praspa). ( )

Di samping itu, Letda Figgy berharap ke depannya dia bisa memimpin satuannya. Dia pun juga berharap dapat diandalkan di dalam satuan tersebut. "Saya ingin menjadi pemimpin yang diandalkan di satuan saya yang nanti saya masukin. Saya juga ingin suatu kebanggan itu timbul dari diri saya untuk menjadi pemimpin yang dapat bisa diandalkan oleh satuan tersebut," kata Letda Figgy.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa turut memberikan motivasi. KSAD berpesan agar Letda Figgy dapat menjadi lebih sukses ketimbang ayahnya. "Harus lebih tinggi dari bapak ya," ujar KSAD yang dijawab, "Siap" oleh Letda Figgy.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)