Regenerasi, Duta Damai Diminta Fokus Sejukkan Dunia Maya

Minggu, 18 Oktober 2020 - 02:25 WIB
loading...
Regenerasi, Duta Damai Diminta Fokus Sejukkan Dunia Maya
Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis saat acara pengukuhan Duta Damai regional Jawa Tengah. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) baru saja mengukuhkan regenerasi Duta Damai untuk regional Jawa Tengah tahun 2020. Regenerasi diharapkan membawa pembaruan di Duta Damai regional Jawa Tengah, baik semangat maupun dalam ide-ide dan kreativitas. Dengan demikian dapat memacu tumbuhnya karya-karya dan konten yang lebih fresh.

Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis dalam arahannya saat mengukuhkan pada acara Regenerasi Duta Damai Dunia Maya Regional Jawa tengah yang berlangsung di Semarang, Jumat 16 Oktober 2020 menjelaskan, Duta Damai Jawa Tengah harus fokus pada satu hal pokok saja. Tidak perlu membicarakan apa pun tentang pertikaian yang ada di dunia maya.

”Hoaks-hoaks atau segala macamnya itu tidak perlu kalian komentari, tugas kalian adalah memberikan narasi-narasi positif tentang NKRI, tidak usah ikut campur terhadap hal-hal yang lain-lain. Biarkan saja,” ujar Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis di Semarang, Jumat 16 Oktober 2020.

Hendri mengatakan, BNPT khususnya Direktorat Pencegahan di kedeputian yang dipimpinnya ini telah melakukan regenerasi Duta Damai yang sudah berjalan sebanyak enam kali sepanjang tahun 2020.

”Sepanjang tahun 2020 kami telah melaksanakan regenerasi Duta Damai dimulai dari Provinsi Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Jawa Timur dan sekarang ini Provinsi Jawa Tengah,” kata mantan Dansat Intel Bais TNI ini.

Pada acara pengukuhan Duta Damai Dunia Maya Jawa Tengah yang juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ini, alumni Akmil tahun 1986 ini menyebutkan berita-berita hoaks atau kebencian bisa ditutupi dengan menyuarakan hal-hal positif.

Menurut dia, hal tersebut juga sesuai dengan ajakan Gubernur Jawa Tengah untuk terus menyuarakan perdamaian. ”Bapak Ganjar Pranowo, Bapak Gubernur mengharapkan Duta Damai Jawa Tengah ini agar bisa mengisi dunia maya dengan menyebarkan konten-konten positif dan perdamaian,” tuturnya.

Untuk itu, dia berharap anggota Duta Damai tidak lelah dan terus bersemangat dalam menebar perdamaian melalui dunia maya. “Karena kami menyadari betapa pentingnya suatu gerakan bersama khususnya generasi muda untuk selalu memberikan pembanding sekaligus pencerahan bagi masyarakat dengan membanjiri dunia maya dengan konten positif dan pesan perdamaian,” kata mantan Komandan Grup 3/Sandi Yudha Kopassus ini mengakhiri.( )

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menyampaikan sambutannya kepada Duta Damai Jawa Tengah. Dia mengatakan, sebetulnya para pendiri bangsa telah memikirkan betul hingga akhirnya Indonesia memakai Bhineka Tunggal Ika saat ini.

”Kenapa seperti itu? Karena kita tidak mungkin sama pasti berbeda-beda, itu kan bijak. Karena perbedaan itu given, kita terima, maka mari kita cari persamaannya,” ujar Ganjar Pranowo
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7031 seconds (0.1#10.140)