Orang Dewasa Wajib Divaksin untuk Kesehatan Bersama

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 07:08 WIB
loading...
Orang Dewasa Wajib Divaksin untuk Kesehatan Bersama
Vaksinasi untuk orang-orang dewasa itu sangat penting untuk melindungi keluarga. Foto: dok/Reuters
A A A
JAKARTA - Vaksinasi untuk orang-orang dewasa itu sangat penting untuk melindungi keluarga. Kekebalan kelompok (herd immunity) harus dicapai melalui vaksinasi, bukan dibiarkan secara alamiah.

Saat ini vaksin dipercaya menjadi satu-satunya untuk mengembalikan kondisi dunia kembali normal seperti sebelum terhantam pandemi Covid-19. Penerapan protokol kesehatan yang dijalankan secara ketat pun masih belum bisa mengungkit kepercayaan masyarakat untuk kembali beraktivitas seperti semula. Kondisi ini pun berdampak pada pelambatan ekonomi, pembatasan hubungan sosial, hingga tidak maksimalnya layanan publik.



Di masa pandemi Covid-19, World Health Organization (WHO) menyarankan semua orang melakukan vaksinasi influenza. Vaksin ini dapat menurunkan angka kematian dan menghindari terkena Covid-19 berat. Vaksin influenza termasuk yang harus disuntik secara rutin setiap tahun. Jika vaksin Covid-19 ditemukan, orang yang harus diprioritas pertama kali adalah tenaga kesehatan, orang dengan penyakit penyerta, dan yang aktif beraktivitas.

Orang Dewasa Wajib Divaksin untuk Kesehatan Bersama


Saat ini pemerintah tengah berusaha memastikan vaksin Covid-19 segera bisa diperoleh. Ada dua skenario yang dijalankan pemerintah yakni membeli vaksin setengah jadi seperti yang dilakukan Biofarma dan Sinovach, pun juga skenario membeli vaksin jadi dari Sinophram. Proses vaksinasi ditargetkan bisa dilakukan mulai Januari 2021. (Baca: Inilah Tabiat Buruk Suami yang Harus Dijauhi)

“Vaksin Covid-19 memang harus segera diperoleh dan diberikan kepada seluruh masyarakat meskipun dengan realita yang ada pemberian vaksin akan diberikan secara bertahap,” ucap dokter spesialis penyakit dalam dr Dirga Sakti Rambe dalam diskusi daring dengan tema “Mengapa Vaksin Penting? Perlukan untuk Orang Dewasa” kemarin.

Dia menjelaskan, vaksinasi itu bukan harus menunggu sakit terlebih dahulu. Jika itu terjadi pada penyakit Covid-19, tentu membahayakan karena bisa mengakibatkan kematian. Vaksinasi yang baik itu tanpa harus menunggu sakit.

Saat ini pembahasan mengenai vaksin melebar ke mana-mana, bahkan ada informasi yang salah beredar di media sosial (medsos). Kandungan vaksin yang utama adalah antigen. Vaksin bisa berasal dari virus atau bakteri yang nanti dimasukkan ke dalam tubuh manusia dan membentuk antibodi.

“Vaksin itu tidak selalu berasal dari virus atau bakteri yang dilemahkan. Ada komponen lain seperti Ajuvan untuk memperkuat imunogenisitas vaksin dan stabilizer untuk menjaga efektivitas vaksin selama penyimpanan. Semua kandungan dalam vaksin itu aman. Jangan membayangkan yang aneh-aneh,” ucapnya. (Baca juga: Pendidikan Guru Penggerak Diikuti 2.800 Guru)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)