Perkuat Operasi Prajurit, Rantis Maung Segera Diserahkan Prabowo ke TNI

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 18:36 WIB
loading...
Perkuat Operasi Prajurit, Rantis Maung Segera Diserahkan Prabowo ke TNI
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam waktu dekat akan menyerahkan beberapa kendaraan taktis (rantis) Maung kepada pasukan TNI. FOTO/iNews/Riezky Maulana
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam waktu dekat akan menyerahkan beberapa kendaraan taktis (rantis) kepada pasukan TNI . Rantis tersebut diberi nama Maung oleh Prabowo.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan (Kemhan), Dahnil Anzar Simanjuntak menuturkan, rantis buatan PT Pindad tersebut akan diberikan Prabowo sebagai bentuk dukungan agar TNI dapat melaksanakan operasi militer secara maksimal.

"Kendaraan militer buatan Pindad ini diberi nama Maung oleh Menteri Pertahanan Prabowo dan akan diserahkan Menhan kepada TNI untuk digunakan dalam operasi-operasi TNI di seluruh Indonesia," kata Dahnil dikutip dari akun twitter pribadinya @Dahnilanzar, Sabtu (10/10/10). (Baca juga: Prabowo Cek Kesiapan 40 Unit Rantis Maung untuk TNI )

Namun sayangnya, Dahnil tidak menyebutkan angka pasti berapa rantis yang akan diserahkan kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Untuk diketahui, pada Kamis (8/10/2020) Prabowo telah memeriksa kesiapan rantis 4×4 tersebut.

Sebelumnya juga, pada Minggu (12/7/2029) di Sirkuit Sentul, Bogor, Prabowo telah melakukan uji coba rantis tersebut. Ketika itu, Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose mempresentasikan kendaraan taktis Maung yang ditujukan untuk pasukan infantri.

Sekadar informasi, kelebihan utama dari rantis Maung yakni mampu menerjang medan-medan sulit dan beroperasi lepas ruas jalan aspal. Meski begitu, Maung tetap prima dioperasikan di ruas jalan aspal dan mampu bermanuver dengan baik. (Baca juga: Belum untuk Sipil, Pindad Pastikan Rantis Maung untuk Militer )

Maung memiliki kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2437 seconds (10.177#12.26)