Ada Kecenderungan Amien Rais Bawa Loyalisnya Bentuk Partai Baru

Rabu, 06 Mei 2020 - 13:38 WIB
loading...
Ada Kecenderungan Amien Rais Bawa Loyalisnya Bentuk Partai Baru
Amien Rais. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat mengatakan, ada kecenderungan Amien Rais akan membawa pendukungnya di Partai Amanat Nasional (PAN) untuk membentuk partai baru.

Diketahui, pada Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Februari lalu, Amien mendukung duet Mulfachri Harahap-Ahmad Hanafi Rais. Namun, pasangan itu dikalahkan petahana Zulkifli Hasan.

Sebulan lebih setelah Kongres V PAN, Mulfachri kehilangan jabatan sebagai wakil ketua Komisi III DPR. Posisinya digantikan Pangeran Khairul Saleh. Teranyar, duet Mulfachri, Hanafi Rais, memilih mundur dari pengurus DPP PAN, ketua Fraksi PAN DPR RI, dan anggota DPR RI.

"Di sini terlihat kekuatan Zulkifli Hasan menguat di tubuh PAN dan kekuatan Amien Rais sedikit melemah. Ada kecenderungan Amien Rais akan membawa kubu yang mendukung dirinya untuk membentuk partai baru," ujar Cecep kepada SINDOnews, Rabu (6/5/2020). (Baca Juga: Pelaksanaan Kartu Prakerja Dilaporkan, Ini Respons KPK).

Dia menuturkan, tidak mungkin Hanafi Rais meninggalkan PAN jika tak ada yang dituju. Toh, Hanafi menduduki sejumlah jabatan strategis, yakni wakil ketua umum dan ketua fraksi PAN di DPR. Pembentukan partai sangat mungkin karena masih ada waktu tiga tahun untuk konsolidasi sebelum bertarung pada Pemilu 2024.

"Saya kira Amien punya perhitungan politik juga. Pertama, bisa jadi punya roda yang lebih besar dan massa yang loyal. Sebagian kelompok Muhammadiyah yang mendukung dirinya. Kemudian, ada kelompok antitesis dari pemerintah," tuturnya.

Dinamika di internal sepertinya tidak bisa menyatukan keinginan dua kubu besar, yakni Zulkifli Hasan dan Amien Rais. Zukikfli cenderung mendekat ke pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Sedangkan, Amien, sejak lama berdiri sebagai oposisi Jokowi. ( ).

Keluarnya Hanafi dan kabarnya pembentukan partai baru diprediksi bisa menggerus suara PAN di Pemilu 2024. Hanafi merupakan calon legislatif PAN dengan suara terbanyak, yakni 171.316. Bukan tidak mungkin langkah Hanafi akan diikuti loyalis Amien lainnya.

Sebagai 'putra mahkota', karier Hanafi tidak menunjukkan tanda-tanda akan bersinar dan menduduki jabatan strategis. Cecep mengungkapkan sejak 10 tahun lalu Hanafi digadang-gadang menjadi sekretaris jenderal. Namun, hingga kini posisi itu tidak pernah direngkuhnya. ( ).

"Bisa jadi (loyalis Amien) akan langsung keluar. Pada saat bersamaan, saya kira Zulkifli akan mengonsolidasikan kekuatannya di PAN. Dia akan membuat solid PAN di bawah kepemimpinannya. Kedua belah pihak harus bisa konsolidasi," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)