BKKBN Resmi Luncurkan GoLantang

Kamis, 08 Oktober 2020 - 13:44 WIB
loading...
BKKBN Resmi Luncurkan GoLantang
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) resmi meluncurkan aplikasi GoLantang (Lanjut Usia Tangguh). Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) resmi meluncurkan aplikasi GoLantang (Lanjut Usia Tangguh). Peluncuran itu dilakukan secara daring, sekaligus acara penandatanganan nota kesepahaman dengan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) serta Webinar Bertajuk Mewujudkan Lansia Tangguh Dalam Rangka Hari Lanjut Usia Internasional tahun 2020, Kamis (8/10/2020).

Soft launching aplikasi GoLantang itu sudah dilakukan BKKBN pada 15 Juni 2020 dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke-24. Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengungkapkan bahwa aplikasi GoLantang itu sudah disiapkan beberapa waktu lalu.

"Dan waktu itu sudah pernah dilakukan soft launching, dan hari ini tentu hari yang sangat baik mohon doa restu Bapak Ibu sekalian, maka sekali lagi dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim maka aplikasi GoLantang kita launching secara resmi," ujar Hasto Wardoyo.

( ).

Adapun GoLantang adalah aplikasi berbasis informasi untuk lansia dan keluarga lansia , sehingga dapat mewujudkan lansia tangguh yang sehat, aktif, mandiri, produktif dan bermartabat. Sedangkan tujuan dari aplikasi GoLantang salah satunya adalah menumbuhkan kemandirian warga lansia dan caregiver atau keluarga untuk aktif melaksanakan program lansia tangguh.

Selain itu, GoLantang bertujuan meningkatkan motivasi warga lansia dan caregiver atau keluarga untuk melakukan berbagai kegiatan produktif dalam rangka mewujudkan lansia tangguh. GoLantang juga bertujuan meningkatkan peran serta warga lansia dan caregiver atau keluarga untuk bersinergi mewujudkan lansia tangguh.

( ).

Di samping itu, GoLantang juga bertujuan mengintegrasikan data dari berbagai institusi pemerintahan terkait lansia seperti BKKBN, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Sementara itu, sasaran aplikasi GoLantang di antaranya lansia, keluarga lansia, caregiver atau orang yang mendampingi lansia, Kader Bina Keluarga Lansia (BKL), serta pengelola program kelanjutusiaan.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)