DPR Berharap Uji Klinis Alat Deteksi COVID-19 Buatan UGM Rampung

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 14:11 WIB
loading...
DPR Berharap Uji Klinis Alat Deteksi COVID-19 Buatan UGM Rampung
Anggota Komisi IX DPR, Muchamad Nabil Haroen berharap alat pendeteksi virus corona hasil inovasi peneliti UGM bernama GeNose segera rampung proses uji klinisnya. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR , Muchamad Nabil Haroen berharap alat pendeteksi virus corona hasil inovasi peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) bernama GeNose segera rampung proses uji klinisnya.

GeNose merupakan alat pendeteksi COVID-19 dengan metode pengambilan sampel lewat embusan napas. Alat ini mendeteksi volatile organic compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi virus corona yang keluar bersama napas seseorang.

"Harapan kita uji klinisnya segera selesai dan bisa digunakan masyarakat. Untuk alat deteksi COVID-19 ini bisa jauh lebih murah dan lebih nyaman karena pakai embusan napas, tidak dicolok-colok," kata Nabil dalam diskusi virtual Polemik MNC Trijaya bertajuk "Sinergi Mencari Obat COVID", Sabtu (3/10/2020). ( )

Dikutip dari laman ugm.ac.id, GeNose telah melalui uji profiling dengan menggunakan 600 sampel data valid di Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 Bambanglipuro di Yogyakarta hasilnya menunjukkan tingkat akurasi tinggi, yaitu 97%.

Setelah melalui uji klinis tahap pertama, saat ini GeNose tengah memasuki uji klinis tahap kedua. Alat ini memiliki kemampuan mendeteksi virus corona kurang dari dua menit. ( )
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)