Partai Ummat, Pertobatan Amien Rais di Masa Tua?

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 15:30 WIB
loading...
Partai Ummat, Pertobatan Amien Rais di Masa Tua?
Amien Rais. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Amien Rais mempertegas ideologi politiknya: ke kanan. Tokoh reformasi ini naga-naganya sudah letih mengenakan baju nasional. Soalnya, Partai Amanat Nasional atau PAN gagal merangkul kaum nasionalis. Lagi pula, kini ia sudah terlempar dari partai yang ia dirikan itu.

Amien mendirikan partai baru, Partai Ummat. Partai ini berasaskan Islam Rahmatal Lil Alamin. Jika kita menengok perjalanan politik Amien, kita bisa bilang partai ini akan menjadi partai pertobatan bagi eks Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini. Lazimnya orang Jawa, makin tua memang makin mendekat kepada Sang Pencipta. Amien Rais kelahiran Surakarta, 26 April 1944. Usianya sudai 76 tahun. Sudah sepuh.

Lalu untuk apa dia bertobat? Pada saat reformasi, tokoh-tokoh politik Masyumi menggadang-gadang Amien Rais untuk memimpin partai Islam. Kala itu, mereka mendirikan Partai Bulan Bintang atau PBB. Mereka ingin menduetkan Amien Rais-Yusril Ihza Mahendra. Upaya ini gagal karena Amien menganggap ibarat baju, format PBB terlalu sesak buat dirinya.

PBB mengambil banyak aspirasi dari Masyumi dan kemudian belajar dari pengalaman-pengalaman Masyumi. Masyumi lahir dari ide besar yakni Isilamic modernization.

Kala itu, tokoh eks Masyumi kecewa berat. Padahal, semula Amien sendiri datang ke rumah tokoh Masyumi Anwar Harjono. Mereka bertangis-tangisan menyatakan siap berdampingan dengan Yusril memimpin PBB. Kala itu Yusril tengah berada di Banyuwangi, Jawa Timur.

Yudi Pramuko dalam buku “Sang Bintang Cemerlang” (1999) menceritakan dialog antara Yusril dengan Anwar Harjono, saat Yusril diberitahu tentang upaya para pendiri PBB untuk menyatukan Amien-Yusril.

“Saudara Yusril,” ujar Anwar Harjono serius, “Pak Amien Rais sudah datang dan perkembangan sudah mencapai 90%. Alhamdulillah, Pak Amien Rais menjadi Ketua, dan bagaimana kalau Saudara menjadi Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang?”

Tanpa ragu-tagu Yusril menjawab, “Kalau semua orang menerima, Insya Allah saya terima.”

Semua tokoh Islam, dalam pertemuan yang dihadiri beberapa pimpinan organisasi Islam, menyatakan setuju dengan komposisi ideal itu. Ketua umum Amien Rais dan Sekjen Yusril.

Sayangnya, beberapa jam kemudian usai salat Jumat di masjid PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya Jakarta, Amien membuat peryataan pers seraya mengatakan dirinya tidak sesuai duduk sebagai Ketua Umum Partai Bulan Bintang. Ibarat baju, format PBB terlalu sesak buat dirinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3015 seconds (0.1#10.140)