Ini Alasan Aceh dan Banten Jadi Provinsi Prioritas Penanganan COVID-19

loading...
Ini Alasan Aceh dan Banten Jadi Provinsi Prioritas Penanganan COVID-19
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah mengambil keputusan untuk memasukan Aceh dan Banten ke dalam provinsi prioritas penanganan virus corona. FOTO/DOK.BNPB
A+ A-
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah mengambil keputusan untuk memasukanAceh danBanten ke dalam provinsi prioritas penanganan virus corona. Alasannya adalah terjadi peningkatan kasus COVID-19 di dua daerah tersebut.

"Mengapa Banten? Karena perlu kami jelaskan, Provinsi Banten ini kasus tertingginya sebenarnya dikontribusi dari tiga kabupaten/kota yaitu Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang," katanya saat konferensi pers di Kantor Presiden, Selasa (1/10/2020).

Menurutnya, kontribusi tiga kota tersebut memberi kontribusi 75% kasus COVID-19 di Banten. (Baca juga: Soal Puncak Kasus Covid-19, Satgas: Tergantung Masyarakat Sendiri)

"Maka dari itu, Provinsi Banten menjadi salah satu perhatian Satgas karena ini bagian dari aglomerasi jabodetabek. Apabila daerah-daerah ini dikendalikan dengan baik, maka kontribusi penurunan kasusnya lebih tinggi," katanya.



Sementara terkait Aceh, Wiku menuturkan, saat ini Aceh membutuhkan bantuan pusat karena adanya peningkatan kasus. Hal ini diketahui setelah Satgas melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh.

"Mereka merasa perlu bantuan dari pemerintah pusat. Khususnya dari Satgas agar lab-nya juga bisa ditambah untuk khususnya PCR di beberapa tempat tertentu. Misalnya di Aceh Utara, Aceh Tengah dan Aceh Selatan," ujarnya. (Baca juga: Bertambah 4.174 Kasus, Berikut Sebaran Penambahan COVID-19)

Wiku menyebut peningkatan kasus di Aceh karena adanya mobilitas pendatang yang masuk ke Aceh.
"Maka dari itu pembatasan mobilitas penduduk itu sangat penting dalam pengendalian COVID ini," katanya.
(abd)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top