Ajak Jaga NKRI, Mahfud MD: Pancasila Terbukti Jadi Pemersatu Bangsa

Selasa, 29 September 2020 - 16:51 WIB
loading...
Ajak Jaga NKRI, Mahfud MD: Pancasila Terbukti Jadi Pemersatu Bangsa
Menko Polhukam Mahfud MD mengajak semua pihak untuk berkomitmen menjaga Indonesia dan Pancasila. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengajak semua pihak untuk bersama-sama berpikir dan berkomitmen menjaga Indonesia. Terkhusus, dari gangguan kelompok radikal yang mengganggu keutuhan Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Seiring dengan perjalanan bangsa, tentu saja kita semua menghadapi berbagai tantangan dan ancaman terhadap keutuhan NKRI, di antaranya ancaman radikalisme, menguatnya politik identitas, berkembangnya ujaran kebencian dan hoaks, serta ancaman-ancaman lain yang apabila tidak ditangani akan dapat mengancam keutuhan NKRI," kata Mahfud MD dalam dalam sambutannya di acara Focus Group Discussion (FGD) tentang Penanganan Ormas Radikal, Selasa (29/9/2020). (Baca juga: Mahfud MD: Mengapa Pemutaran Film Pengkhianatan G30S PKI Diributkan?)

Lebih lanjut dikatakan Mahfud, selama ini Pancasila, sebagai ideologi dasar Indonesia sudah terbukti memberikan konkret betapa Indonesia tetap bisa bersatu. Walaupun ada beragam dinamika dan perbedaan latar belakang bangsanya. "Pancasila sebagai ideologi negara telah terbukti mampu menjadi kekuatan pemersatu bangsa yang dapat merajut ke-Bhinneka-an di tengah berbagai tantangan bangsa," ujarnya. (Baca juga: Mahfud MD Ajak Bangun Indonesia sebagai Negara Islami)

Oleh karenanya, dia mengatakan agar seluruh stakeholders harus tetap menjaga Pancasila tersebut agar tetap eksis. Apalagi, upaya tersebut dikatakan Mahfud tidak mudah, mengingat kompleksitas situasi dan kondisi yang berkembang saat ini. "Tugas menjaga keutuhan bangsa adalah tugas yang berat seiring dengan semakin kompleksnya tantangan yang dihadapi. Apalagi dihadapkan dengan tidak adanya kepastian tindakan hukum oleh aparat keamanan bagi Individu atau ormas yang menyebarkan paham-paham radikalisme," paparnya. (Baca juga: Mahfud MD Ngaku Selalu Nonton Film G30S PKI, Ini Alasannya)

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini sekali lagi mengajak semua pihak untuk aktif dalam upaya merawat dan menjaga keutuhan Indonesia dengan Pancasila. Dengan keberhasilan merawat keutuhan Indonesia, diharapkan dapat mewujudkan stabilitas keamanan dan penegakkan hukum yang membuat Indonesia menjadi negara yang berdaulat.

"Saya mengajak saudara-saudara yang hadir dalam acara FGD ini untuk lebih aktif dan lebih giat lagi dalam mengabdi bagi tegaknya NKRI dengan mendukung upaya-upaya untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan penegakkan hukum guna mendukung pembangunan Indonesia yang semakin berkualitas ke depan. Saya yakin melalui semangat kebersamaan, persatuan, dan kesatuan, serta saling bersinergi didukung dengan kerja keras, kita semua akan mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong," tuturnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)