Mahfud MD: Mengapa Pemutaran Film Pengkhianatan G30S PKI Diributkan?

loading...
Mahfud MD: Mengapa Pemutaran Film Pengkhianatan G30S PKI Diributkan?
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MDmenegaskan tidak ada yang melarang menonton film Pengkhianatan G30S PKI.

Bahkan, kata Mahfud, menonton film tersebut tidak perlu harus menunggu bulan September. Kapan saja bisa menyaksikan flim itu di Youtube.

Oleh karena itu, Mahfud heran dengan "ribut-ribut" soal pemutaran film Pengkhianatan G30S PKI.

"Mengapa soal pemutaran film Pengkhianatan G 30 S/PKI diributkan? Tidak ada yang melarang nonton atau menayangkan di TV. Mau nonton di Youtube juga bisa kapan saja, tak usah tunggu bulan September. Semalam saya nonton lagi di Youtube. Dulu Menpen Yunus Yosfiyah juga tak melarang, tapi tidak mewajibkan," tulis Mahfud MD melalui akun Twitternya, @mohmahfudmd, Minggu 27 September 2020.



Seperti diketahui, perdebatan tentang PKI, termasuk mengenai penayangan film Pengkhianatan G30S PKI di televisi selalu menjadi polemik menjelang tanggal 30 September 2020.(Baca juga: Fadli Zon: Saya Anjurkan Masyarakat Nonton Film G30S PKI)

Di era kepemimpinan Soeharto, film yang disutradarai oleh Arifin C Noor selalu diputar pada malam tanggal 30 September. Pemutaran film ini di televisi dihentikan sejak 30 September 2020. (Baca juga:PPP: Pemutaran Film G30S/PKI Tak Perlu Terus Jadi Komoditas Politik)

Prokontra pemutaran film ini sempat muncul pada 2017 silam. Saat itu Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang memerintahkan pemutaran film tersebut di lingkup institusinya. Ketika itu Gatot mengatakan pemutaran flim itu untuk meluruskan sejarah.
(dam)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top