Tenaga Ahli Jaksa Agung: Wewenang Jaksa Jadi Penyidik Terbatas

Senin, 28 September 2020 - 22:02 WIB
loading...
Tenaga Ahli Jaksa Agung: Wewenang Jaksa Jadi Penyidik Terbatas
Tenaga Ahli Jaksa Agung, Andi Hamzah mengingatkan kembali wewenang jaksa untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan dalam RUU tentang Kejaksaan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tenaga Ahli Jaksa Agung, Andi Hamzah mengingatkan kembali wewenang jaksa untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan dalam Rancangan Undang-Undang ( RUU) tentang Kejaksaan . Dikatakannya, memang tidak ada di dunia penyidik itu tunggal. Akan tetapi, kewenangan jaksa dalam penyelidikan dan penyidikan itu terbatas.

"Nah terbatas. Kalau Belanda tidak terbatas karena membatasi diri sendiri. Belanda bisa menyidik semua tindak pidana, begitu juga Jepang. Seluruh Eropa jaksa bisa menyidik, kecuali England. Tapi memang dia tidak menyidik pencurian, itu memang polisi,” ujar Andi Hamzah kepada wartawan, Senin (28/9/2020). (Baca juga: Soal UU Kejaksaan, Pakar Hukum Tegaskan Jaksa Tugasnya Penuntut Umum Tunggal)

Dia menuturkan jaksa boleh melakukan penyelidikan dan penyidikan sebagaimana dalam usulan RUU Kejaksaan. Akan tetapi, perkaranya tertentu atau terbatas saja yakni tindak pidana khusus.

Diketahui, dalam Pasal 1 Ayat (1) draf RUU Kejaksaan disebutkan bahwa jaksa adalah pejabat yang diberi wewenang oleh UU untuk bertindak dalam fungsi penyelidikan dan penyidikan, penuntutan, pelaksana putusan pengadilan, pemberian jasa hukum, penyelesaian sengketa di luar pengadilan, dan pengacara negara serta wewenang lain berdasarkan undang-undang.

“Jaksa silakan (penyelidikan dan penyidikan) tapi terbatas, misalnya kasus korupsi, tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan pelanggaran HAM termasuk tindak pidana ekonomi khusus,” jelas Andi Hamzah.

Dia berpendapat polisi tetap tidak hilang fungsi dan wewenangnya sebagai penyelidik dan penyidik suatu perkara pidana umum. Karena, ada undang-undang lain juga mengatur pegawai negeri sipil (PNS) bisa melakukan penyelidikan dan penyidikan yakni Undang-undang Kepabeanan. (Baca juga: Jaksa Perluas Wewenang Penyidikan, Pakar Hukum: Balik Lagi ke Zaman Kolonial Belanda)

“Polisi silakan menyidik, jaksa juga kan penyidik. Penyelundupan itu sekarang hanya bea cukai yang bisa menyidik. UU Kepabeanan itu jaksa dan polisi tidak bisa menyidik, begitu bunyi UU Kepabeanan,” tegasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)