Komisi I DPR Minta Penyelidikan Asal-usul Corona Harus Bersifat Independen

Minggu, 27 September 2020 - 13:51 WIB
loading...
Komisi I DPR Minta Penyelidikan Asal-usul Corona Harus Bersifat Independen
Anggota Komisi I DPR Muhammad Iqbal sepakat dengan seruan Perdana Menteri Australia Scoot Morrison di Sidang Umum PBB agar dilakukan penyelidikan internasional tentang asal-usul virus Corona (Covid-19). Foto/SINDOnews/rico afrido simanjuntak
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Muhammad Iqbal sepakat dengan seruan Perdana Menteri Australia Scoot Morrison di Sidang Umum PBB agar dilakukan penyelidikan internasional tentang asal-usul virus Corona (Covid-19).

Namun, kata Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, penyelidikan itu harus bersifat independen. "Terkait hal ini, seperti kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 telah menyebar hampir di semua negara yang mengakibatkan terjadinya permasalahan kesehatan dan perekonomian negara negara yang terdampak Covid-19," ujar Muhammad Iqbal kepada SINDOnews, Minggu (27/9/2020). (Baca juga: Australia Serukan Penyelidikan Pandemi: Dunia Perlu Tahu Asal-usul Covid-19)

Dia mengatakan, angka kasus positif Covid-19 di dunia terus bertambah, yaitu saat ini menurut data sudah mencapai 32,7 juta kasus dan angka kematian mencapai 992.602 orang meninggal dunia. "Kemungkinan jumlah ini akan bertambah terus sampai ditemukan obat atau vaksinnya," ungkapnya. (Baca juga: Kemenkes Telah Salurkan Lebih Rp2,3 Triliun untuk Insentif Nakes)

Lebih lanjut dia mengatakan, selain persoalan kesehatan pandemi Covid-19 juga berdampak kepada perekonomian suatu negara, dimana hampir semua negara mengalami resesi perekonomian. "Oleh karena itu maka saya kira perlu dilakukan penyelidikan terhadap asal usul dari virus Corona, tetapi tentu penyelidikan ini harus bersifat independen dan melibatkan WHO dengan tujuan untuk mengetahui sumber awal dari penularan virus Corona dan tempat awal penularannya. Harapannya, jika diketahui sumber awal penularan virus Corona maka ke depannya kita bisa mengantisipasi agar wabah seperti ini tidak terulang kembali," pungkasnya. (Baca juga: Legislator PPP Ungkap Alasan Perlunya Penyelidikan Asal-usul COVID-19)

Diberitakan SINDOnews sebelumnya, Perdana Menteri Australia Scott Morrison menggunakan pidato di Sidang Umum PBB untuk menyerukan investigasi terhadap pandemi virus Corona yang melanda dunia. Dia mengatakan negara-negara di dunia harus melakukan semua yang mereka bisa untuk memahami asal-usul Covid-19. Morrison mengatakan penyelidikan terhadap akar virus akan meminimalkan ancaman pandemi global lainnya, pernyataanyang diyakini akan dapat memperburuk ketegangan dengan China.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)