Lewat Secarik Kertas, Hanafi Rais Tegaskan Mundur dari PAN

Selasa, 05 Mei 2020 - 12:44 WIB
loading...
Lewat Secarik Kertas, Hanafi Rais Tegaskan Mundur dari PAN
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Hanafi Rais. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Ahmad Hanafi Rais menyatakan mundur dari Partai Amanat Nasional (PAN). Putra Amien Rais itu juga mundur dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Pernyataan mundur Hanafi disampaikan melalui secarik kertas tertanggal 5 Mei 2020 yang ditandatanganinya di atas materai.

Dalam suratnya, Hanafi menjelaskan alasan dirinya mundur diri dari partai yang dipimpin Zulkifli Hasan.

Ketua Fraksi PAN di DPR ini juga meminta maaf atas keputusannya mundur dari partai. Hanya ridha Allah yang saya tuju. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan saya. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan saya dan kita semua," katanya dalam surat yang ditulisnya.

Berikut isi lengkap surat Hanafi Rais:

Pasca-kongres Februari lalu, saya punya harapan dan berikhtiar agar PAN bisa menegakkan prinsip keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama kader. Kita semua tahu bahwa PAN telah melewati proses kongres yang sarat dengan kekerasan dan mencorong wajah partai sendiri. Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati apa yang terjadi jika ingin Allah ridha dengan partai ini.

Saya menilai PAN melewatkan momentum di atas untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap. Kecenderungan melakukan konformintas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan.

Allahmu 'aliimun bidzaatish shuduur. Allah Maha Tahu segala isi hati.

Oleh karenanya, bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024.

Hanya ridha Allah yang saya tuju. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan saya. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan saya dan kita semua.

Terima kasih.

Hingga berita ini ditulis, Hanafi belum merespons telepon dan WhatsApp yang dikirim SINDOnews. Kendati demikian, surat berisi pernyataan Hanafi mundir dibenarkan oleh Ketua DPW PAN Sulawesi Barat Asri Anas yang selama ini dikenal sebagai loyalis putra Amien Rais itu.

"Saya sudah konfirmasi sama Hanafi, benar beliau mundur seperti di surat," kata Anas dalam keterangan tertulis, Selasa (5/5/2020).
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)