Lindungi Dokter dan Perawat, Satgas Corona Beri Sejumlah Fasilitas

Selasa, 22 September 2020 - 15:32 WIB
loading...
Lindungi Dokter dan Perawat, Satgas Corona Beri Sejumlah Fasilitas
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo memberikan sejumlah fasilitas untuk tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat yang menangani pasien Corona. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo memberikan sejumlah fasilitas untuk tenaga kesehatan (nakes) baik dokter maupun perawat yang menangani pasien Covid-19 (virus Corona), hal ini guna melindungi kesehatan dan keselamatan para nakes.

Mulai hari ini, nakes di Jabodetabek sudah mulai menempati fasilitas akomodasi hotel bintang 3. (Baca juga: 4.071 Kasus Baru, Total 252.923 Orang Positif Covid-19)

"Kami akan memastikan ketersediaan alat material kesehatan, APD (alat pelindung diri) terbaik agar para nakes tidak terpapar Covid ketika menjalankan tugas, kami juga terus meningkatkan kapasitas ruang isolasi dan ICU Covid serta mendorong jam kerja nakes agar memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat," papar Doni di Rapat Kerja (Raker) Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

(Baca juga: Kasus Corona Capai 4.000 per Hari, IDI Berikan Dua Solusi)

Doni mengatakan, akomodasi bagi para dokter juga sudah disediakan pada minggu ini dengan bekerja sama dengan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Kami sudah menghitung jumlah dokter dan perawat yg akan disiapkan akomodasi setara bintang 3, baik untuk dokter maupun perawat. Begitu juga dengan provinsi-provinsi dengan jumlah kasus Covid tinggi saat ini," terangnya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini melanjutkan, Satgas juga memastikan bahwa dokter dan perawat mendapatkan penambahan gizi dan vitamin untuk menjaga stamina dan imunitas mereka. Untuk dokter-dokter yang komorbid didorong untuk tidak melayani pasien secara langsung, namun melalui fasilitas telemedicine.

"Secara rutin para dokter dan perawat inijuga akan mendapatkan fasilitas pemeriksaan swab PCR gratis sehingga bisa diketahui kesehatan para dokter tersebut," ujar Doni.

Menurut Doni, mulai hari ini para dokter dan perawat di Jabodetabek sudah mulai menempati akomodasi hotel bintang 3 tersebut. "Kemudian mulai hari ini sudah ada hotel di daerah Jabodetabek yang digunakan oleh nakes termasuk oleh OTG," tambahnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2581 seconds (0.1#10.140)