Jokowi Ajak Masyarakat Ikhtiar Lahir Batin Hadapi Corona

Jum'at, 18 September 2020 - 17:16 WIB
loading...
Jokowi Ajak Masyarakat Ikhtiar Lahir Batin Hadapi Corona
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat berikhtiar secara lahir batin untuk menghadapi pandemi Corona (Covid-19). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat berikhtiar secara lahir batin untuk menghadapi pandemi Corona (Covid-19). Pasalnya saat ini wabah tersebut telah menimbulkan kecemasan dan ketakutan luar biasa karena banyaknya orang menjadi korban.

Tak hanya soal kesehatan, kata Jokowi, pandemi Corona juga menyebabkan krisis ekonomi dan sosial secara signifikan. Suplai barang dan jasa terhambat, pertumbuhan ekonomi melambat, jutaan orang kehilangan pekerjaan, dan hubungan sosial jadi berubah. (Baca juga: Bertambah 114 Orang, Total 9.336 Orang Meninggal Akibat Covid-19)

"Dalam situasi seperti ini ketangguhan kita sebagai sebuah bangsa yang benar-benar menghadapi ujian kita harus satu barisan. kita harus satu frekuensi, kita harus satu semangat karena kita perlu kerja keras," ujar Jokowi saat membuka Konferensi Besar ke-XXIII Gerakan Pemuda (GP) Ansor secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/9/2020). (Baca juga: Sehari Bertambah 3.891 Kasus, Total 236.519 Orang Positif Corona)

Jokowi meminta masyarakat Indonesia berikhtiar sungguh-sungguh untuk melenyapkan pandemi Corona dari muka bumi khususnya Indonesia. "Ikhtiar dzohir antara lain menjaga pola hidup bersih sebagaimana diajarkan Islam, mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan sering sering mencuci tangan, jaga wudhu, mengonsumsi makanan yang halal dan thoyib yang baik sehat dan bergizi, olahraga yang cukup dan teratur serta juga istirahat yang cukup dan tidak stres. Ini yang penting," tuturnya. (Baca juga: Presiden Jokowi Bakal Hadiri Konbes GP Ansor di Minahasa Secara Virtual)

Sementara ikhtiar batin yakni memperbanyak dzikir, istighfar, taubat kepada Allah SWT, serta memperbanyak infaq dan shodaqoh di tengah maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat Corona. "Karena itu saya mengajak seluruh anggota GP Ansor di manapun berada baik secara individual maupun kolektif ikut turun tangan bersama-sama pemerintah dan elemen bangsa yang lainnya ikut membantu meringankan beban saudara-saudara kita," jelas dia.

Sebagai orang beriman, Jokowi percaya bahwa di balik setiap kejadian pasti ada hikmah yang bisa dipetik. Pelajaran berharga dari pandemi Corona adalah pentingnya kemandirian bangsa untuk berdiri di atas kaki sendiri. "Apa yang terjadi, apa yang menjadi kekurangan kita harus kita perbaiki, apa yang menjadi kelemahan kita harus kita perkuat. Karena itu saya mengajak kepada seluruh anggota GP Ansor di manapun berada untuk bangga dan mencintai produk-produk anak negeri, membeli dan mempromosikan produk-produk petani lokal, nelayan lokal dan juga produk-produk usaha mikro dan kecil usaha menengah," ucapnya.

"Saya yakin dengan gerakan bersama ini kita bukan hanya akan membantu kehidupan para petani, nelayan dan UMKM, tapi juga akan membuat ekonomi bisa ikut bergerak sehingga negara kita bukan hanya bisa pulih dari ancaman penyebaran pandemi namun ekonominya juga bisa bangkit Kembali menuju pada kondisi yang normal kembali," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)