Tekan Penularan COVID-19, Pemerintah Fokus Penanggulangan

Jum'at, 18 September 2020 - 03:30 WIB
loading...
Tekan Penularan COVID-19, Pemerintah Fokus Penanggulangan
Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Ahmad Yurianto, mencemaskan kondisi terus meningkatnya penularan COVID-19 di masyarakat. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ), Ahmad Yurianto, mencemaskan kondisi terus meningkatnya penularan COVID-19 di masyarakat. Hingga Rabu (16/9/2020) tercatat 228.993 kasus konfirmasi positif, di mana angka kesembuhan mencapai 164.101 kasus atau 71,6%, dan korban meninggal sebanyak 9.100 orang atau 4%.

Yuri mengingatkan, kasus COVID-19 masih akan terus meningkat. Karena itu, fokus upaya penanggulangan harus dilakukan dengan pencegahan penularan, peningkatan angka kesembuhan, dan penurunan angka kematian.

Ahmad Yurianto menyarankan masyarakat melakukan pencegahan kemungkinan terinfeksi sedini mungkin dengan melakukan gerakan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). "Juga mengkonsumsi gizi seimbang, segera mandi dan berganti pakaian setelah bepergian, dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," kata dalam webinar dengan tema "Memaskerkan Indonesia" di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2020). ( )

Sementara untuk meningkatkan kesadaran publik agar disiplin pakai masker dalam upaya pencegahan COVID-19 di semua tatanan, menurut Yuri, pemerintah harus melakukan kampanye nasional selalu pakai masker, dengan pesan disiplin memakai masker.

"Ayo gunakan masker, jangan kendor menggunakan masker karena maskerku melindungimu dan maskermu melindungiku," kata Ahmad Yurianto. ( )
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)