Uji Kemampuan Prajurit, Koopsau III Gelar Latihan di Morotai

Kamis, 17 September 2020 - 21:51 WIB
loading...
Uji Kemampuan Prajurit, Koopsau III Gelar Latihan di Morotai
Asisten Operasi Kolonel Pnb Agus Setiawan mewakili Pangkoopsau III Marsda TNI Novyan Samyoga, saat memimpin rapat bersama para unsur pelaksana dan pendukung di ruang rapat staf logistic Makoopsau III Biak. Foto/Dispen Koopsau III
A A A
JAKARTA - Uji kemampuan prajurit TNI Angkatan Udara (AU) , Koopsau III akan menggelar latihan antar satuan dengan sandi “Jagal Perkasa” 2020 di Pulau terluar Lanud Leo Watimenan Morotai. Selain menguji kesiapsiagaan, latihan ini juga untuk meningkatkan kemampuan operasi kemanusiaan termasuk penanggulangan bencana atau Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

”Latihan ini untuk mengetahui seberapa besar kemampuan masing-masing satuan yang telah terbina selama ini. Guna menyukseskan kegiatan ini, telah di laksanakan koordinasi awal dan rapat untuk menyamakan persepsi yang berlangsung di rauang rapat staf logistic Makoopsau III Biak,” ujar Asisten Operasi Kolonel Pnb Agus Setiawan mewakili Pangkoopsau III Marsda TNI Novyan Samyoga Kamis (17/9/2020). (Baca juga: Komando Operasi AU III Perkuat Armada Tempur Wilayah Timur)

Menurut dia, latihan yang melibatkan beberapa unsur satuan ini rencananya dilaksanakan pasa 10 Oktober 2020 mendatang dan merupakan latihan antar satuan yang pertama kali dilaksanakan oleh Koopsau III. Selain mengerahkan pesawat Helikopter dan pesawat angkut CN-295/235 Skadron 27 Lanud Manuhua juga melibatkan Batalyon Paskhasau 468 Sarotama Biak serta personel Lanud Leo Watimena Morotai. (Baca juga: Hebat! Pesawat F-16 TNI AU Bisa Tembak 4 Target Sekaligus Tanpa Melihat)

Latihan antar satuan dengan sandi Jagal Perkasa 2020 yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan penanggulangan bencana atau OMSP dengan mempertimbangkan kontijensi bencana di wilayah Koopsau III khususnya dengan mengambil lokasi di pulau terluar Moratai yang juga berbatasan langsung dengan negara tetangga. ”Diharapkan latihan ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menangani bencana alam di wilayah tanggung jawab Koopsau III dan Lanud jajaran,” jelasnya.

Sementara itu Komandan Lanud Leo Watimenan Kolonel Adi Setyo Nugroho menambahkan, latihan penanggulangan bencana atau OMSP yang dilaksanakan di Lanud Leo Watimena merupakan kesempatan yang sangat baik. Selain turut menguji para prajurit Leo Watimena sendiri juga dapat dimanfaat menggali kemampuan dalam operasi penanggulanan bencana seperti kemapuan SAR, evakuasi medis udara pelayanan kesehatan dan psikologi sosial, hunian darurat sangat tepat dilaksanakan saat ini jelasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)