Maafkan Puan, Tokoh Sumbar Minta Masyarakat Sudahi Polemik

Selasa, 15 September 2020 - 20:29 WIB
loading...
Maafkan Puan, Tokoh Sumbar Minta Masyarakat Sudahi Polemik
Tokoh adat Sumatera Barat (Sumbar) Prof Yulizal Yunus mengajak semua pihak, untuk menyudahi saja persoalan ucapan dari Ketua DPP PDIP, Puan Maharani. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tokoh adat Sumatera Barat (Sumbar) Prof Yulizal Yunus mengajak semua pihak, untuk menyudahi persoalan ucapan Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) , Puan Maharani , saat menyampaikan SK dukungan terhadap calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar beberapa waktu lalu.

(Baca juga: Puan Maharani Tegaskan DPR Dukung Penguatan Bidang Maritim)

Yulizal menilai, ucapan Puan yang disampaikan dalam acara internal PDIP sebagai sebuah khilaf. Tak ada niat atau maksud menyinggung masyarakat kampungnya.

(Baca juga: Polemik Sumbar dan Pancasila, Dinilai Tak Ada Maksud Negatif dari Puan)

"Puan Maharani khilaf. Kita berbaik sangka, tak ada maksudnya memburukkan kampungnya Sumatera Barat dan sukunya Minangkabau," kata Yulizal, Selasa (15/9/2020).

Dia menjelaskan, ucapan Puan disampaikan dalam forum internal partai. Karenanya menurut Yulizal pernyataan tersebut disampaikan dalam konteks pembinaan kader. "Mungkin ia tak menyangka, dari internal bocor ke publik. Khilaf itu sifat manusia," tutur Yulizal.

Karenanya, Yulizal mengajak masyarakat Minang memaafkan Puan. Sebagaimana kebiasaan orang yang dijunjung orang Minang yang sandi adatnya adalah syara', maka memberi maaf adalah suatu perbuatan mulia.

"Memberi maaf sifat mulia. Akhlak karimah. Puan hanya khilaf. Rasanya tak patut pula kita bersikap tak memaafkannya. Apalagi Puan orang Minangkabau juga," ucap Yulizal.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)