Pancasila sebagai Ideologi yang Mampu Memecahkan Tantangan Bangsa Majemuk

Senin, 14 September 2020 - 09:27 WIB
loading...
A A A
Sedangkan, Direktur Pendidikan Agama Katolok yang diwakili oleh Hari mengatakan, ravitalisasi Pancasila perlu dilakukan melalui studi lintas agama berparadigma Pancasila. Hal ini dimaksudkan agar nilai-nilai Pancasila sungguh merasuk dalam kesadaran masyarakat Indonesia dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari .

Studi lintas agama di Indonesia, pancasila sebagai landasan etik studi lintas agama. Ukuran baik buruk prilaku masyarakat Indonesia diukur dari pelaksanaan nilai-nilai Pancasila.

Nilai-nilai pancasila mengarahkan umat Katolik untuk menjadi manusia Kristiani yang makin adil dan makin beradap. Makin adil berarti berpihak pada kebenaran dan makin beradab berarti telah berkembang tingkat kehidupan lahir dan batinya. Makin adil makin beradab adalah dua istilah yang saling bersinergi, utuh dan terpadu, jika disinergikan berarti kehidupan lahir dan batin yang matang akan berpegang teguh pada kebenaran.

Dalam studi dan relasi lintas agama berparadigma Pancasila yang pada harapan akhirnya terwujud masyarakat Indonesia yang inklusif, toleran, dan moderat. Dalam terminology katolik dapat terjalin persaudaraan sejati antar warga masyarakat Indonesia. (syarif wibowo)
(srf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)