Jokowi Tekankan Pentingnya Kecepatan Penyaluran Bansos

loading...
Jokowi Tekankan Pentingnya Kecepatan Penyaluran Bansos
Presiden Joko Widodo. Foto/Setkab
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menekankan pentingnya kecepatan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) untuk mengatasi dampak Covid-19. Bansos seperti program keluarga harapan (PKH), paket sembako, bansos tunai, dan BLT dana desa sudah berjalan.

"Tetapi saya minta kecepatan agar bansos ini sampai di tangan keluarga penerima betul-betul semakin cepat diterima semakin baik. Saya minta minggu ini sudah semuanya, sudah bisa diterima," katanya saat membuka rapat terbatas, Senin (4/5/2020).

Dia juga mengingatkan agar waktu untuk pembagian benar-benar diatur dengan baik. Pasalnya, saat ini ada berbagai jenis bansos yang diberikan kepada masyarakat.

"Tadi sudah saya sampaikan mengenai persoalan timing betul-betul harus di-manage secara baik. karena ada bantuan dari pusat, dari daerah, kemudian juga dari desa," ungkapnya. (Baca juga: Muhammadiyah Dorong Lembaga ZIS Bangun Kerja Sama Strategis ).



Jokowi meminta agar para pejabat turun ke lapangan untuk mengawasi secara langsung proses pembagian bansos. "Saya minta Mensos juga gubernur, bupati, wali kota, camat sampai kepala desa turun ke lapangan menyisir," tuturnya.

Lebih lanjut dia ingin agar daerah diberi fleksibilitas dalam pembagian bansos, sehingga semua masyarakat yang membutuhkan dapat tertangani. (Baca juga: KPU Minta Petahana Tak Manfaatkan Bansos Corona untuk Kepentingan Pilkada ).

"Saya juga minta diberi fleksibilitas kepada daerah. Agar kalau ada warga yang miskin yang belum dapat segera bisa dicarikan solusinya," pungkasnya.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top