Semangat Reformasi Birokrasi Jaksa Agung Diharapkan Diikuti Anak Buahnya

Senin, 07 September 2020 - 18:03 WIB
loading...
A A A
"Ini harus dituntaskan dahulu dari aspek sumber daya manusianya, kinerja sebuah institusi itu tergantung pada kualitas dan komitmen dari aparatur dibawah atau internal Jaksa Agung sendiri yaitu menyangkut sumber daya manusia," ungkapnya.

Menurut dia, apa yang dilakukan Jaksa Agung dengan berbagai macam gebrakannya membongkar kasus-kasus hukum besar yang merugikan negara, akan terlihat percuma jika tidak diiringi dengan semangat yang sama dari bawahannya atau lemah komitmennya terhadap penegakan hukum.

"Maka harus diperkuat dan dibenahi lebih dahulu sumber daya manusianya sehingga tercipta Jaksa yang tangguh. Jadi percuma kita bicara mengungkapkan kasus besar tapi secara internal masih rapuh atau lemah komitmenya, saya kira ini PR bagi Jaksa Agung dan sudah saatnya Jaksa Agung dan wakil Jaksa Agung yang sekarang itu memberikan sesuatu bukti kepada rakyat bahwa ada terjadi reformasi birokrasi di Kejaksaan Agung itu," tuturnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan menilai, Jaksa Agung ST Burhanuddin telah banyak melakukan gebrakan-gebrakan yang cukup baik. Seperti halnya pemilihan Kajari atau Kajati melalui proses asesement.

"Sejak beliau (ST Burhanuddin) dilantik saya kira banyak gebrakan-gebrakan juga dilakukan oleh beliau yang mungkin banyak yang tidak tahu, misalnya soal Kajati-kajati kelas A itu dilakukan asesement dibidik, Kajati Sumut, DKI Jakarta, Jawa Barat itu dilakukan walupun pelaksanaanya belum sempurna," kata Trimedya dalam acara ILC, Selasa (25/8/2020).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengungkapkan, ST Burhanuddin merupakan Jaksa Agung yang berasal dari Jaksa karir memiliki track record baik. Namun dia menyayangkan pada internal Kejaksaan terdapat pihak-pihak yang tidak nyaman dengan reformasi ala ST Burhanuddin.

"Keliatannya Kejaksaan Agung ini kurang didukung oleh aparaturnya dalam melakukan gebrakan-gebrakan itu, nah Menurut kami Kejaksaan harus siap juga direformasi, kehadiran Pak Burhanudiin ini sebagai orang Kejaksaan yang baik, mudah-mudahan punya semangat itu dia ingin merubahnya, apa yang sudah dipertahanakan dan tidak usah setengah hati," jelasnya.

Dia pun berharap, reformasi birokrasi yang sedang dijalankan ST Burhanuddin dapat didukung oleh semua aparaturnya. "Dan mudah-mudahan semangat dari Jaksa Agung ingin melakukan reformasi di Kejaksaan itu didukung oleh semua aparaturnya, dan mudah mudahan Jam-Jam (Jaksa Agung Muda) yang sudah dipilih baru ini, itu adalah pilihan-pilihan beliau bukan titpan dari mana-mana atau titipan dari langit pilhan beliau yang memang loyal dan mendukung program-programnya," pungkasnya.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9208 seconds (0.1#10.140)