Prabowo Sambut Hercules Pengangkut Alat Medis Corona dari Sanghai China

Senin, 23 Maret 2020 - 11:34 WIB
Prabowo Sambut Hercules Pengangkut Alat Medis Corona dari Sanghai China
Prabowo Sambut Hercules Pengangkut Alat Medis Corona dari Sanghai China
A A A
JAKARTA - Pesawat C-130 Hercules milik TNI telah tiba di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Minggu 22 Maret 2020 setelah terbang dari Sanghai, China.

Hercules tersebut membawa sebanyak sembilan ton alat kesehatan dan alat pelindung diri yang digunakan untuk memberantas virus Corona.

Dari Natuna, Hercules terbang ke Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/3/2020). Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan langsung menyambut kedatangan Hercules tersebut.

"Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyambut langsung kedatangan pesawat Hercules C-130 yang mengangkut Alat Perlindungan Diri (APD) dari Shanghai, China di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3/2020)," kata Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik, Sosial Ekonomi, dan Hubungan Antarlembaga Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, Senin (23/3/2020). (Baca Juga: Prabowo Minta TNI Kerahkan Pesawat ke China Ambil Alat Kesehatan)

Seperti diberitakan sebelumnya, Prabowo meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengerahkan pesawat milik TNI untuk mengambil hibah alat pelindung diri (APD) di Shanghai, China.

Permintaan tersebut tertuang dalam surat bernomor 667/M/lll/2020 tertanggal 18 Maret 2020 perihal pengambilan alat kesehatan yang ditujukan kepada Panglima TNI.

Berdasarkan hasil rapat terbatas pimpinan Presiden pada 16 Maret 2020 pada pukul 10.00 WIB tentang penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan hasil koordinasi Wakil Menhan, Staf Kantor Staf Presiden dan informasi perusahaan IMIP Jakarta.

"Sehubungan dengan dasar di atas, mohon Panglima TNI dapat memberikan dukungan pesawat terbang dalam rangka pengambilan alat kesehatan yang berada di Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok (RRT)," tulis surat yang ditandatangani Prabowo tersebut.

Prabowo meminta penggunaan Pesawat TNI untuk mengambil alat-alat kesehatan dari Shanghai untuk mempermudah proses birokrasi G to G yang cepat dibandingkan dengan penggunaan fasilitas lainnya dan bisa membantu Tim Gugus Tugas COVID-19 seperti yang diperintahkan Presiden Joko Widodo.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.7855 seconds (0.1#10.140)