Nadiem Diminta Terbitkan Prosedur Pencegahan Corona di Sekolah dan Kampus

Rabu, 04 Maret 2020 - 14:24 WIB
Nadiem Diminta Terbitkan Prosedur Pencegahan Corona di Sekolah dan Kampus
Nadiem Diminta Terbitkan Prosedur Pencegahan Corona di Sekolah dan Kampus
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim untuk menerbitkan aturan sebagai pedoman prosedur pencegahan dan penanganan bagi seluruhi institusi pendidikan,mulai dari sekolah formal-informal hingga perguruan tinggi untuk menghadapi wabah virus corona (Covid-19) yang sudah masuk ke Tanah Air.

"Prioritas utama Kemendikbud harus melindungi seluruh warga sekolah, siswa dan guru, serta civitas akademi di kampus mengantisipasi wabah virus corona," kata Fikri dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Rabu (4/3/2020).

Menurut Fikri, setelah Presiden Jokowi mengumumkan bahwa Indonesia tak lagi bebas terhadap wabah corona, pusat-pusat keramaian, terutama institusi pendidikan merupakan salah satu episentrum penyebaran virus asal Wuhan, China itu. "Tentu saja kita tidak berharap demikian, namun langkah antisipasi wajib dilakukan," ujarnya. (Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Corona, Pengunjung Istana Dicek Suhu Tubuhnya).

Kemudian, politikus PKS ini juga meminta prosedur penanganan yang komprehensif, berkoordinasi penuh dengan dinas-dinas pendidikan di daerah, serta instansi penanganan wabah seperti Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) di daerah. "Ini adalah kerja bersama pemerintah pusat dan daerah, khususnya untuk mencegah anak-anak kita terpapar wabah."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8026 seconds (0.1#10.140)