Menag Sebut Tidak Ada Tanda-tanda Virus Corona di Arab Saudi

Rabu, 26 Februari 2020 - 14:52 WIB
Menag Sebut Tidak Ada Tanda-tanda Virus Corona di Arab Saudi
Menag Sebut Tidak Ada Tanda-tanda Virus Corona di Arab Saudi
A A A
JAKARTA - Calon jamaah haji atau umrah asal Indonesia tidak perlu khawatir dengan virus Corona. Pasalnya, Mekkah, Arab Saudi aman dari penyebaran virus corona (Covid-19).

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengaku beberapa kali berdiskusi dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. "Tentang masalah virus corona ini memang beberapa kali saya memang beberapa kali saya sudah diskusi dengan Menteri Kesehatan. Sejauh ini menurut beliau tidak ada tanda-tanda ada wabah itu di Saudi," ujar Fachrul Razi dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Dia pun meyakini bahwa Pemerintah Arab Saudi mengantisipasi permasalahan wabah virus corona. "Karena menjaga itu bukan hanya aspek ibadah saja, tapi juga aspek kepentingan ekonomi Saudi juga dia sangat berkepentingan. Oleh sebab itu dia betul-betul menjaganya," tuturnya.

Dia pun berharap agar virus corona tidak masuk ke Arab Saudi. "Dan harapan kita mencoba untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang ada. Tapi memang kalau kita bicara ke publik kita katakan Insya Allah tidak ada tentang masalah corona di Saudi Arabia," pungkasnya. (Baca juga: Jokowi Tegaskan Tidak Mau Tergesa-gesa Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess).

Penjelasan Fachrul Razi tersebut menyikapi permintaan Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto agar jamaah haji dapat kembali ke Indonesia dengan aman. "Karena kalau dari negara China diundang ke Tanah Suci, mungkin Singapura ke Tanah Suci, mungkin ada guncangan psikis Pak pada jamaah haji kita," ujar Yandri dalam rapat.

Penjelasan dari pemerintah itu dianggap perlu agar para jamaah tidak merasa waswas. "Nah, ini bagaimana kita semua meyakinkan kepada jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci benar-benar nyaman, tidak waswas dan kegelisahan yang luar biasa. Saya kira isu corona ini sangat luar biasa," ujar politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5339 seconds (0.1#10.140)