Alasan Pemerintah Evakuasi WNI Gunakan Kapal Suharso

Senin, 24 Februari 2020 - 17:59 WIB
Alasan Pemerintah Evakuasi WNI Gunakan Kapal Suharso
Alasan Pemerintah Evakuasi WNI Gunakan Kapal Suharso
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto membeberkan alasan pemerintah melakukan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Kapal Pesiar Dream World menggunakan kapal. Seperti diketahui, pemerintah memutuskan untuk mengevakuasi WNI tersebut dengan Kapal Suharso.

"Mudah-mudahan semuanya bisa melalui masa karantina dengan baik, dengan sehat, makanya kita gunakan kapal. Supaya ndak menimbulkan, kalau ada sesuatu yang baru tidak mengenai yang darat dulu," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (24/2/2020).

Dia mengatakan, pemerintah mengambil langkah secara hati-hati sehingga tidak menimbulkan dampak buruk bagi keselamatan bangsa Indonesia. "Jadi, pertimbangan medis itu harus sangat dipertimbangkan dengan baik. Tidak boleh emosional. Harus satu demi satu, demi keselamatan seluruh bangsa dan negara karena kita masih dalam zona green zone," ungkapnya.

Terawan mengakui keputusan untuk mengevakuasi WNI di Kapal Pesiar Dream World lebih dulu karena lokasi yang cukup dekat. Risikonya pun dinilai masih paling kecil. (Baca Juga: WNI di Kapal Pesiar World Dream Akan Diobservasi di Pulau Sebaru).

"Kita baru konsentrasi semua untuk yang World Dream karena itu yang sudah paling dekat. Kita atur supaya dia dapat sarana karantina yang baik. Dan ini kan yang risikonya paling kecil. Selalu kita ambil yang risikonya paling kecil," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7469 seconds (0.1#10.140)