Soal Kongres, SBY Dorong Regenerasi Kepemimpinan di Demokrat

Rabu, 19 Februari 2020 - 20:49 WIB
Soal Kongres, SBY Dorong Regenerasi Kepemimpinan di Demokrat
Soal Kongres, SBY Dorong Regenerasi Kepemimpinan di Demokrat
A A A
JAKARTA - Kongres Partai Demokrat belum ditentukan secara resmi pelaksanaannya tetapi, suksesi kepemimpinan partai berlambang Mercy Biru itu paling lambat akan diselenggarakan pada Mei 2020. (Baca juga: Syarif Hasan Akui AHY-Ibas Dipersiapkan untuk Pilpres 2024)

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarif Hasan menyebut Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sangat mendorong adanya regenerasi kepemimpinan di Demokrat. “Yang pasti (jadwal kongres) enggak tahu. Yang pasti paling lambat Mei tahun ini,” kata Syarif Hasan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Syarif menjelaskan, tidak ada pelaksanaan Rakernas (rapat kerja nasional) sebelum Kongres. Tetapi, pelaksanaan Kongres bisa dipercepat jika ada usulan dari pengurus daerah yakni DPD dan DPC Demokrat. “Enggak ada (Rakernas). Langsung kongres. Nah kalau mau dipercepat (bisa) atas dasar usulan dari DPD, DPC,” terangnya.

Soal peluang dibuatnya Kongres Luar Biasa (KLB), menurut Wakil Ketua MPR ini, mungkin saja dilakukan KLB karena ada beberapa hal yang perlu direspons secara cepat seperti misalnya Pilkada Serentak 2020. “Bisa saja jatuhnya KLB, kan hal-hal yang perlu ditanggapi misalnya meningkatkan kosolidasi menghadapi pilkada. Itu kan juga urgent,” ucap Syarif.

Soal apakah AHY atau Ibas yang memiliki peluang, Syarif mengaku tidak tahu. Yang jelas, proses regenerasi di Demokrat itu alami dan diperlukan. SBY juga sangat mendorong adanya proses regenerasi di Demokrat.“ Ini bukan menyangkut masalah ikhlas atau tidak ikhlas. Tetapi proses regenerasi itu perlu. Kita di Demokrat sangat memahami itu. Jadi apalagi Pak SBY sangat mendorong ada proses regenerasi,” tandasnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2779 seconds (0.1#10.140)