Kembali Dipimpin Zulhas, PAN Diprediksi Tetap Dukung Pemerintah tanpa Syarat

Rabu, 12 Februari 2020 - 10:11 WIB
Kembali Dipimpin Zulhas, PAN Diprediksi Tetap Dukung Pemerintah tanpa Syarat
Kembali Dipimpin Zulhas, PAN Diprediksi Tetap Dukung Pemerintah tanpa Syarat
A A A
JAKARTA - Setelah kembali terpilih memimpin Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) dihadapkan pada pekerjaan rumah (PR) besar. Salah satunya, menegaskan sikap politik PAN.

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mendukung pemerintah tanpa syarat atau oposisi sejati menjadi PR bagi Zulhas. Menurut dia, hal ini menjadi satu pilihan yang rumit. Karena di satu sisi, banyak aktivis PAN yang kritis ke pemerintah, dan sisi lainnya PAN ingin merawat hubungan baik dengan pemerintah.

"Saya menduga sepertinya PAN akan mendukung pemerintah tanpa syarat. Dan membiarkan kadernya kritis konstruktif ke pemerintah," ujar analis politik asal UIN Jakarta itu kepada SINDOnews, Rabu (12/2/2020). (Baca Juga: Sandiaga Uno Berharap Ketum PAN Terpilih Jadi Mitra Kritis ke Pemerintah).

Diketahui, Zulhas berhasil mematahkan mitos bahwa Ketua Umum (Ketum) PAN hanya bisa memimpin satu periode. Dia berhasil mengungguli pesaingnya, Mulfachri Harahap dan Dradjad Wibowo dalam Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Mulfachri Harahap mendapatkan 225 suara, Zulhas mendapatkan 331 suara, Dradjad Wibowo enam suara, suara sah 562, suara tidak sah tiga suara karena memilih Asman Abnur yang telah mundur dari pencalonan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8742 seconds (0.1#10.140)