Beberapa Hari Sebelum Meninggal, Gus Sholah Mengaku Didatangi Gus Dur

Senin, 03 Februari 2020 - 07:18 WIB
Beberapa Hari Sebelum Meninggal, Gus Sholah Mengaku Didatangi Gus Dur
Beberapa Hari Sebelum Meninggal, Gus Sholah Mengaku Didatangi Gus Dur
A A A
JAKARTA - Putra KH Salahuddin Wahid alias Gus Sholah, Gus Ipang Wahid, mengungkapkan bahwa beberapa hari sebelum meninggal dunia, ayahnya mengaku didatangi sang kakak, almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Gus Ipang Wahid menceritakan, sebenarnya tidak ada pesan khusus yang disampaikan Gus Sholah karena almarhum selalu berpikiran positif tentang kondisi kesehatannya.

"Gus Sholah itu sangat positive thinking tentang kesehatannya, tapi yang kami rasakan seperti halnya orang-orang yang hendak meninggal, beberapa hari sebelumnya beliau bilang, 'kok saya ketemu Ibu saya (Nyai Hj Sholihah) ya. Saya antara mimpi dan nggak kok saya melihat ada Ibu saya di situ. Kok ada Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) di situ'," ujar Gus Ipang Wahid menirukan ucapan sang ayah, saat ditemui di rumah duka, Jalan Kapten Tendean, Nomor 2 C, Jakarta Selatan pada Senin (3/2/2020) dini hari.

Gus Ipang melanjutkan bahwa tidak hanya merasa ditemui Gus Dur dan Sang Ibu, Gus Sholah juga merasa ditemui sejumlah kerabatnya yang lain yang sudah meninggal dunia. "Saya melihat ada kerabat-kerabat yang sudah meninggal di situ," kata Gus Ipang menirukan ucapan sang ayah.

"Terus beliau cerita bahwa ini ada banyak orang datang kepada saya ngucapin selamat. Jadi dalam entah dalam mimpi atau dalam apa, tapi dalam banyangan beliau seperti itu. Jadi itu mungkin isyarahnya ya seperti inilah. (Pesan) yang lainnya gak ada. Beliau selau positive thinking. Terakhir masih ngomongin (kondisi Pesantren) Tebuireng, masih ngomongin film bersama antara NU dan Muhammadiyah. (Film) Jejak Langkah Dua Ulama," paparnya. (Baca Juga: Gus Sholah Akan Dimakamkan Berdampingan dengan Gus Dur).

KH Salahuddin Wahid alias Gus Sholah meninggal dunia akibat komplikasi penyakit jantung di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta, Minggu (2/2/2020) malam sekitar pukul 20.55 WIB. Jenazah akan dimakamkan Senin sore nanti di Jombang, Jawa Timur.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5174 seconds (0.1#10.140)