Relawan Al Maun Desak Jokowi Reshuffle Kabinet

Selasa, 01 September 2020 - 13:43 WIB
loading...
Relawan Al Maun Desak Jokowi Reshuffle Kabinet
Relawan Aliansi Masyarakat untuk Nawacita (Al Maun). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Aliansi Masyarakat untuk Nawacita (Al Maun) meminta Presiden Jokowi untuk merombak sususan atau reshuffle kabinet .

Dorongan reshuffle kabinet dari organisasi Relawan Jokowi-KH Ma’ruf Amin bentukan kader Partai Golkar Partai ini karena menilai ada sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju kinerjanya kurang bagus.

“Kami Al Maun menyerukan kepada Presiden Jokowi untuk melakukan resuffle kabinet dan rotasi komposisi kabinet demi akselerasi percepatan kinerja. Sebab, beberapa menteri masih jalan ditempat dan malah tidak bergerak di tengah pandemi covid 19 ini,” kata Ketua Umum DPP Al Maun, Rafik Perkasa Alamsyah melalui keterangan tertulisnya, Senin 31 Agustus 2020.

Dia menilai menteri-menteri yang kinerjanya kurang baik dan tidak progresif diharapkan diganti dengan yang lebih mumpuni. Dia mencontohkan di antaranya Menteri Perindustrian, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Pendidikan.

“Saat ini gerak kabinet lambat dan ekonomi di tengah Covid-19 semakin melemah dan tidak ada sinergi yang baik antarmenteri. Karena itu Presiden Jokowi harus merombak kabinetnya. Pasar dan masyarakat menunggu respon positif perbaikan ke depan,” kata Rafik.( )

Dia menilai para menteri dan lembaga negara saat ini banyak melakukan pencitraan ketimbang kinerja praktis. Padahal saat ini sedang dilanda pandemi.

"Sangat dibutuhkan orang-orang kreatif dan sosok eksekutor andal yang cepat bergerak ke bawah untuk pemulihan ekonomi. Selain itu menyelamatkan anak bangsa dari penyebaran wabah Covid-19,” ujarnya.

Dia menambahkan, dibutuhkan pula orang-orang yang bisa menghidupkan kembali ekonomi rakyat yang terpuruk serta mengantisipasi ancaman krisis pangan.

“Perlu penguatan program-program pemberdayaan UMKM, IKM dan koperasi, serta penguatan dunia industri dan perdagangan gar lebih bersaing di menompak ekonomi nasional dan bersaing di internasional. Produk lokal harus ditingkatkan ke ekspor ke luar negeri untuk peningkatan devisa negara, tuturnya.( )

Kendati demikian, dia mengakui ada pula kementerian yang bekerja dengan baik, tapi masih kurangnya koordinasi lintas kementerian.“Solusinya dilakukan perombakan kabinet dengan memilih menteri-menteri baru, yang lebih bisa sejalan dengan langkah-langkah Jokowi,” ujarnya.

Dia menilai kinerja menteri yang tidak produktif justru akan menghambat kinerja pemerintah sudah pantas diganti. “Saya menilai ada menteri yang tidak mampu meningkatkan kinerja industri di Indonesia di tengah kondisi musibah covid 19. Sebut saja menteri Perindustrian, dimana saat ini malah terjadi penurunan di sektor industri, maka sudah sepatutnya menteri inni tersebut diganti,” tuturnya.

n, para relawan harus bersatu menyuarakan aspirasi perbaikan komposisi kabinet demi menguatkan visi Jokowi, SDM Unggul Indonesia Maju. Kalau ada menteri dan staf presiden kurang mampu, segera diganti saja.

“Saya selaku Ketua Umum DPP Al Maun dan para relawan mendukung hak preogratif presiden sepenuhnya, untuk melakukan perombakan kabinet,” tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2992 seconds (0.1#10.140)