alexametrics

Kisruh TVRI, Direksi Ungkap Kehadiran Dewas di Launching Liga Inggris

loading...
Kisruh TVRI, Direksi Ungkap Kehadiran Dewas di Launching Liga Inggris
Helmy Yahya saat menggelar konferensi pers di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Helmy menegaskan siap melakukan langkah hukum terkait pencopotan dirinya dari jabatan Dirut LPP TVRI. Foto/SINDOnews/Rico A Simanjuntak
A+ A-
JAKARTA - Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI telah memberhentikan Helmy Yahya dari jabatan Direktur Utama LPP TVRI.

Salah satu alasan Dewan Pengawas (Dewas) LPP TVRI terkait kebijakan TVRI yang membeli hak siar Liga Inggris.

Belakangan diketahui, ternyata Ketua Dewas LPP TVRI Arief Hidayat Thamrin ikut menghadiri launching siaran Liga Inggris di TVRI



"Ketua Dewas Arief Hidayat Thamrin hadir pada saat launching pada saat Liga Inggris," ujar Apni di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

Dia mengaku pernah mendatangi Dewas untuk meminta dukungan dalam menyiarkan program Liga Inggris. "Kami di direksi punya Korbid (Koordinator bidang-red), kepada Dewas yang bersangkutan. Macam saya Korbidnya Pak Moko, Saya buka puasa bersama beliau saya sampaikan secara informal, saya sampaikan kita akan punya Liga Inggris tolong dukungan," katanya. (Baca juga: Helmy Yahya Akui Pencopotannya Terkait Liga Inggris)

Kemudian, sambung dia, program Liga Inggris secara administratif dilaporkan kepada Dewas TVRI pada 17 Juli 2019. "Rapat dipimpin Ketua Dewas Arief Hidayat Thamrin minus Pak Moko, lalu direksi semua lengkap," ujarnya.

Kepada Dewas TVRI, kata dia, dilaporkan mengenai kerja sama terkait Liga Inggris tersebut. "Kemudian harga, pendapatan iklan dan sistem enkripsi," katanya.

Lalu, dia mengungkapkan, Dewas melalui surat Nomor 127/Dewas/2019 tanggal 18 Juli memberikan arahan mengenai Liga Inggris.

"Ini isi suratnya, sehubungan dengan rapat konsultasi dan koordinasi Dewas dengan Dewan Direksi pada rabu 17 Juli Dewas memberikan arahan sebagai berikut," ungkapnya.

1. Dewas meminta direksi melaksanakan tertib administrasi atas perubahan pola acara dan anggaran TVRI sehubungan dengan penayangan Liga Inggris di layar TVRI dan keseimbangan persentasi program siaran TVRI agar tetap terjaga.

2. Dewas pengawas mengingatkan direksi agar tetap memperhitungkan fungsi TVRI sebagai lembaga penyiaran publik. Penayangan Liga Inggris diminta mampu menunjukkan nasional value dan nasional prime serta membangkitkan motivasi bagi peningkatan prestasi sepak bola nasional.

3. Terkait persoalan dukungan peralatan teknik kami mengingatkan direksi untuk melaksanakan proses pengadaan atau sewa peralatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar tercapai sukses acara dan sukses acara dan sukses pertanggungjawaban keuangannya.

Penayangan Liga Inggris ini akan menjadi challenge bagi pengembangan usaha, Dewan Pengawas meminta memaksimalkan peluang untuk meningkatkan penerimaan negara bukan pajak TVRI.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak