Tak Berbenah, Partai Politik Bakal Ditinggalkan Pemilih di 2024

Jum'at, 10 Januari 2020 - 18:58 WIB
Tak Berbenah, Partai Politik Bakal Ditinggalkan Pemilih di 2024
Tak Berbenah, Partai Politik Bakal Ditinggalkan Pemilih di 2024
A A A
JAKARTA - Setiap partai politik (parpol) disarankan berbenah diri. Sebab, jika tidak, mereka akan ditinggalkan para pemilih.

"Mau tidak mau saat ini partai politik berbenah diri. Sebab kalau tidak, Pemilu 2024 partai-partai ini akan ditinggalkan," ujar Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro dalam diskusi di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Dirinya pun memberikan contoh bahwa tidak ada satupun partai baru yang duduk di parlemen periode 2019-2024. "Itu menunjukkan betapa sulitnya untuk menembus konstituen yang bisa mendukung, menopang para caleg untuk bisa duduk di DPR RI, itu satu contoh," tuturnya.

Sehingga, kata dia, sebuah partai tidak boleh hanya membesarkan satu nama tokoh di dalamnya. "Partai yang sehat adalah partai yang betul-betul menjadi satu institusi yang kepemilikannya itu memang, betul-betul secara institusional bukan untuk satu dua orang, bukan," katanya.

Dalam diskusi itu, dia juga menyoroti fenomena aklamasi diberbagai partai politik belakangan ini. "Sekarang ini kecenderungannya, kelihatannya di internal partai kalau ada Kongres atau Munas, atau apa sebutannya, cenderung untuk aklamasi, ini penyakit apa," imbuhnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4339 seconds (0.1#10.140)