Asuransi Pertanian Rp6 Juta Per Hektare, Solusi Ahmad HM Ali untuk Petani Sulteng

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 22:49 WIB
loading...
Asuransi Pertanian Rp6...
Calon Gubernur Sulteng nomor urut 1, Ahmad HM Ali melanjutkan kampanye terbatasnya di Desa Serese, Kecamatan Masama, Kabupaten Banggai, Jumat (18/10/224) malam. (Foto: Caesar Pratama)
A A A
BANGGAI - Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) nomor urut 1, Ahmad HM Ali melanjutkan kampanye terbatasnya di Desa Serese, Kecamatan Masama, Kabupaten Banggai, Jumat (18/10/224) malam. Dalam kampanye tersebut, ia menyoroti pentingnya perhatian serius dari pemerintah terhadap nasib para petani di provinsi itu.

Ahmad Ali mengatakan, sektor pertanian di Sulteng harus mendapatkan dukungan maksimal, terutama dalam akses terhadap pupuk dan obat-obatan pertanian yang sering kali menjadi kendala utama bagi petani.

"Insyaallah, jika saya terpilih, saya akan memastikan para petani di Sulteng tidak menghadapi kesulitan dalam memperoleh pupuk dan obat-obatan pertanian saat musim tanam," tegasnya di hadapan ratusan warga Desa Serese yang hadir.

Sebagai politisi dari Partai NasDem, Ahmad Ali memiliki visi besar untuk menjadikan Sulteng sebagai salah satu penyokong utama kebutuhan pangan nasional, terutama bagi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur.

Mantan Anggota DPR RI dua periode tersebut menyampaikan pentingnya Sulteng berperan sebagai pemasok utama bahan pangan dan pemain utama dalam sektor logistik untuk mendukung pembangunan dan keberlanjutan IKN.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Ahmad Ali memprioritaskan distribusi benih unggul kepada para petani di Sulteng. Tidak hanya itu, ia juga menegaskan, para petani harus mendapatkan perlindungan dari negara melalui program asuransi pertanian.

“Setiap jengkal tanah petani harus diasuransikan oleh pemerintah," ungkapnya.

Ahmad Ali menjelaskan, melalui program asuransi ini, para petani tidak akan dirugikan jika terjadi gagal panen.

“Per hektare lahan petani akan kami asuransikan sebesar Rp6 juta. Petani yang gagal panen dipastikan tidak akan rugi," ujarnya.

Program tersebut diharapkan dapat memberikan ketenangan dan jaminan bagi para petani dalam menghadapi risiko-risiko yang sering kali tidak terduga, seperti bencana alam atau gagal panen akibat perubahan cuaca.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0704 seconds (0.1#10.140)