3 Jenderal Korps Infanteri Berkarier Cemerlang, Salah Satunya Peraih Adhi Makayasa 1991

Rabu, 09 Oktober 2024 - 12:29 WIB
loading...
3 Jenderal Korps Infanteri...
Dari kiri ke kanan: Letjen TNI Tandyo Budi Revita, Letjen TNI Suharyanto, dan Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso. Foto/Dok/Ist
A A A
JAKARTA - Ada beberapa jenderal korps infanteri yang memiliki karier cemerlang di militer. Bahkan salah satu dari mereka ada yang berhasil dapatkan penghargaan Adhi Makayasa .

Hari ini 9 Oktober 2024, merupakan Hari Ulang Tahun korps Infanteri TNI Angkatan Darat (AD). Dilansir dari laman resmi TNI, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengucapkan "Dirgahayu Korps Infanteri TNI Angkatan Darat 9 Oktober 1945 - 9 Oktober 2024".

Pada dasarnya infanteri merupakan pasukan tempur darat utama yaitu pasukan pejalan kaki yang dilengkapi persenjataan ringan, dilatih dan disiapkan untuk melaksanakan pertempuran jarak dekat.

3 Jenderal Korps Infanteri Berkarier Cemerlang

1. Letjen TNI Tandyo Budi Revita


Tandyo Budi Revita lahir pada 21 Februari 1969, di Surakarta, Jawa Tengah. Dirinya merupakan salah satu lulusan Akademi Militer (Akmil) 1991 yang berasal dari kecabangan Infanteri.

Dalam riwayat awal kariernya, Tandyo Budi tercatat pernah bertugas sebagai Dan Tim Khusus Combat Intelligence (CI) Yonif Linud 330/Tri Dharma di tahun 2995. Ia juga pernah menjadi Dandodik Bela Negara Rindam II/Swj pada tahun 2006.



Seiring berjalannya waktu, Tandyo akhirnya berhasil mendapatkan pangkat Pati TNI dan menduduki posisi strategis seperti, Dirrah Komhan Ditjen Strahan Kemhan tahun 2019, dan Kabadiklat Kemhan pada 2021.

Saat ini dirinya telah menduduki jabatan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Waksad). Sebelumnya, ia sempat menjabat sebagai Pangdam IV/Diponegoro sejak 2023.

Berbagai penghargaan dan brevet juga telah diperolehnya, seperti Brevet Pemburu, Brevet Kualifikasi Para Raider, hingga mendapatkan Master Parachutist Badge (U.S. Army) .

2. Letjen TNI Suharyanto


Pati bintang tiga ini lahir pada 8 September 1967, di Cimahi, Jawa Barat. Dia merupakan lulusan Akmil 1989 yang berasal dari kecabangan Infanteri dan cukup lama bertugas di kesatuan Kostrad.

Awal kariernya di militer, Suharyanto tercatat pernah menjabat sebagai Danton, Danki, Pasi Yonif Linud 612/Modang tahun 1989, hingga Pabandya Ops Sopsdam V/Brawijaya di tahun 2003.

Suharyanto juga beberapa kali mengisi posisi strategis setelah mendapat pangkat Pati TNI, sebut saja seperti Direktur Kontra Separatisme Deputi III BIN tahun 2017, dan Kasdam Jaya pada 2018.

Sejak 17 November 2021, dia dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dimana sebelumnya, ia sempat menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya sejak 2020.

Beberapa penghargaan yang pernah didapatkannya antara lain, Brevet Kualifikasi Raider, Basic Parachutist Badge (Royal Thai Army), hingga Air Assault Badge (US Army).

3. Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso


Terakhir, ada nama Teguh Pudjo Rumekso yang lahir pada 20 April 1968 di Medan, Sumatera Utara. Jenderal korps infanteri ini adalah lulusan terbaik Akmil 1991, yang membuatnya memperoleh penghargaan Adhi Makayasa.

Dalam riwayat karier awalnya, Teguh sempat dipercaya untuk menduduki jabatan Danton II KI-A Yonif 512/Quratara Yudha pada 1994, hingga Pasi Ops Rem 044/Garuda Dempo tahun 2001.

Ketika pangkatnya naik menjadi Pati TNI, Teguh pernah menduduki jabatan Wadanpussenif Kodiklatad tahun 2016, Kasdam VI/Mulawarman tahun 2017, Danpussenif Kodiklatad pada 2018, dan Danpuspenerbad di 2020.

Pada tahun 2021, ia terkena mutasi untuk menjadi Pangdam VI/Mulawarman. Dia lalu mendapat promosi jabatan menjadi Sesmenko Polhukam pada 27 Juni 2022, posisi itulah yang masih didudukinya hingga saat ini.

Sepanjang kariernya, Teguh telah menerima berbagai penghargaan seperti Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, hingga Satyalancana Seroja.

Itulah sejumlah jenderal korps infanteri yang berkarier cemerlang. Bahkan mereka kini telah mencapai pangkat Perwira Tinggi (Pati) bintang tiga atau Letnan Jenderal (Letjen) TNI.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)