Ketika Wakil Tuhan Ramai-ramai Ngadu ke Wakil Rakyat

Selasa, 08 Oktober 2024 - 11:13 WIB
loading...
Ketika Wakil Tuhan Ramai-ramai...
Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) melakukan audiensi dengan pimpinan DPR pada Selasa (8/10/2024) pagi. Foto/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) melakukan audiensi dengan pimpinan DPR pada Selasa (8/10/2024) pagi. Para wakil Tuhan itu ramai-ramai ngadu ke wakil rakyat .

Mereka menyampaikan aspirasi terkait kesejahteraan hakim. Koordinator SHI di DPR Rangga Lukita Desnata mengatakan, forum itu merupakan pertemuan antara wakil Tuhan yang mengadu kepada wakil rakyat.

“Kami hanya masyarakat biasa yang disematkan gelar wakil Tuhan, yang melapor kepada wakil rakyat dalam hal keadilan. Itu standing poin kami. Wakil Tuhan yang meminta keadilan kepada wakil rakyat," ujar Rangga di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan.





Rangga menjelaskan, keadilan yang diminta yakni berkaitan kesejahteraan hakim. Ia mengatakan, gaji dan tunjangan pokok yang diterima para hakim ini sudah tak pernah naik sejak 2012.

"Pada pokoknya, kami meminta keadilan terhadap pendapatan kami. Sejak 2012 hingga saat ini tidak naik-naik, Pak. Baik gaji pokok maupun tunjangan jabatan. Sehingga kami bekerja pada saat ini, digaji dengan gaji 12 tahun yang lalu," tuturnya.

Atas dasar itu, Rangga menilai, sikap itu merupakan kezaliman. Apalagi, katanya, gaji hakim lebih rendah dibanding ASN di lingkungan pengadilan lainnya.

"Menurut pendapat kami, ini sangat menzalimi kami. Kenapa? Bahkan pada 94 saat pemerintahan di masa Pak Soeharto, gaji hakim itu statusnya masih PNS, besarannya dua kali lipat dari gaji PNS biasa di pengadilan," terang Rangga.

"Tetapi saat ini, gaji kami dilampaui oleh jabatan-jabatan tertentu PNS di lingkungan kami. Itu sangat mengecewakan bagi kami," tandasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)