25 WNI yang Dievakuasi dari Lebanon Sudah Tiba di Indonesia

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 20:15 WIB
loading...
25 WNI yang Dievakuasi...
Direktur Pelindungan WNI Judha Nugraha mengatakan, 25 WNI yang dievakuasi dari Lebanon sudah tiba di Indonesia dengan selamat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri ( Kemlu ) memastikan 25 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Lebanon, sudah tiba di Jakarta dengan selamat.

Direktur Pelindungan WNI Judha Nugraha mengatakan, pihaknya terus melakukan pendekatan tanpa paksaan kepada para WNI agar mau dievakuasi akibat peperangan yang semakin memanas di Timur Tengah.

"Selama 10, 18, dan 28 (Agustus) ada 25 warga negara kita yang bersedia untuk dievakuasi. Kemudian sudah kita lakukan evakuasi melalui jalur udara dan Alhamdulillah ke 25 orang tersebut sudah tiba di Indonesia dengan selamat," kata Judha di Kantor Kemlu Jakarta, Jumat (4/10/2024).



Namun Judha mengungkap, masih ada WNI yang memilih untuk tetap tinggal di Lebanon meskipun seluruh wilayah sudah masuk siaga satu. Judha menjelaskan, sesuai dengan UU 37/1999 terkait evakuasi dari wilayah berbahaya ke wilayah aman, dalam pelaksanaannya keputusan evakuasi tetap berada pada pilihan masing-masing warga.



"Pendekatan sudah kita lakukan dengan warga negara kita, namun memang banyak warga negara kita yang memilih tetap untuk tinggal dengan berbagai macam alasan pribadi," katanya.



Kemlu mencatat, 116 WNI masih berada di Lebanon yang tersebar di sejumlah kota, mulai dari Beirut 83 orang; Baabda 4 orang; Bekaa 5 orang. Lalu, Byblos 3 orang; Tripoli 13 orang; Akkar 4 orang; Tyre 3 orang; dan Saida 1 orang.

Judha mengungkap, ratusan WNI memilih menetap di Lebanon meski ada ketegangan situasi geopolitik di Timur Tengah, dengan berbagai alasan. Misalnya, terdapat sejumlah mahasiswa yang tidak ingin dievakuasi karena berpotensi putus kuliah. Juga lantaran pihak universitas masih mengategorikan kawasannya dalam status keamanan.

"Bagi yang mahasiswa khususnya bagi yang kuliah di wilayah Lebanon Utara yang wilayah yang relatif aman. Jadi memang minimal ada serangan Israel di sana, pihak kampus memang belum menetapkan status level. Jadi mereka khawatir kalau ikut evakuasi nanti dianggap putus kuliah," katanya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)