Kemhan Serahkan Dua Pesawat Tempur F-16 Upgrade ke TNI AU

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 05:58 WIB
loading...
Kemhan Serahkan Dua Pesawat Tempur F-16 Upgrade ke TNI AU
KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna (tengah) berbincang dengan penerbang dari pabrik pesawat Lockheed Martin Amerika Serikat, sesaat sebelum test fligt perdana pesawat tersebut setelah menjalani upgrade di Lanud Iswahjudi, Madi
A A A
MADIUN - Kementerian Pertahanan (Kemhan) hari ini menyerahkan dua pesawat tempur F-16 A/B Blok 15 yang baru selesai di upgrade atau diperbarui kepada Mabes TNI Angkatan Udara (AU). Penyerahan kedua pesawat buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat tersebut dilakukan di Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun Jawa Timur.

Hadir dalam serah terima ini, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa, Sekjen Kementerian Pertahanan (Kemhan) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Fadjar Adriyanto.

Kepala Penerangan (Kapen) Lanud Iswahjudi Letkol Filfadri menjelaskan, upgrading pesawat tempur ini merupakan program The Falcon Structural Augmentation Rodmap (Falcon Star) Enhanced Mid-Life Update (eMLU) yang digagas Kemhan. (Baca juga: Upgrade 10 Pesawat F-16 Dibahas TNI AU dan Pemerintah AS)

"Ini pesawat sudah beroperasi selama 30 tahun. Jadi strukturnya diperkuat di modifikasi, kemudian sistem senjatanya, avionik termasuk sistem radarnya. Ini yang melakukan teknisi kita sendiri dari TNI AU. Kalau dulu kita hanya pendukung. Pelaksanaannya di Skadron Teknik 042 Lanud Iswahjudi. Karena pesawatnya di Skadron 3 Iswahjudi. Penyerahan dilakukan oleh Kemhan kepada Kepala Staf Angakatan Udara (KSAU)," katanya.

Dia menyebut, total ada 10 pesawat yang akan di upgrade. Dari jumlah itu, baru dua pesawat yang sudah selesai diperbarui. "Jadi ada 10 pesawat yang akan di upgrade. Saat ini sudah dilaksanakan dua pesawat. Ini sudah serviceable dua-duanya. Sudah uji fungsi dan segala macam," ujarnya.

Kemhan Serahkan Dua Pesawat Tempur F-16 Upgrade ke TNI AU


Senada, Kasubdispenum Dispenau Kolonel Alfian mengatakan, secara umum ada beberapa yang di upgrade pada pesawat ini di antaranya, memperpanjang struktur pesawat, avionik dan weapon atau persenjataan.

"Penyerahan kedua pesawat F-16 program Falcon Star-eMLU, ini bisa juga disaksikan melalui siaran langsung di media sosial TNI AU pada Jumat 28 Agustus 2020 Pukul 07.30 WIB. Live Streaming: Facebook TNI AU http://www.facebook.com/TNIAUOfficial/. Selain itu di Youtube TNI AU https://youtube.com/c/TNIAU dan Airmen TV Dispenau https://www.youtube.com/c/AirmenTVDispenau ," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)