alexametrics

Polisi Awasi Masjid yang Dakwahnya Mengandung Narasi Kebencian

loading...
Polisi Awasi Masjid yang Dakwahnya Mengandung Narasi Kebencian
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya mengawasi masjid-masjid yang dalam dakwahnya mengandung narasi kebencian. Foto/Dok. SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Mabes Polri mengawasi masjid-masjid yang dalam dakwahnya mengandung narasi kebencian. Mereka menerjunkan personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di masing-masing wilayah.

"Para Bhabinkamtibmas akan berkoordinasi dengan personel bintara pembina desa (Babinsa) TNI termasuk dengan lurah atau kades," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan, Rabu (27/11/2019).

Menurut Argo, selain melakukan pengawasan tugas para Bhabinkamtibmas, TNI dan kades juga bertugas mengajak mereka yang sudah terpapar paham radikalisme kembali ke jalan yang benar. "Kita juga sentuh dengan mereka yang terpapar dengan program deradikalisasi," tuturnya. (Baca juga: Kapolri dan Ketum PP Muhammadiyah Bahas Penanggulangan Terorisme)



Kepolisian juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam proses pengawasan masjid. Masyarakat diharapkan bersedia melapor jika menemukan indikasi dugaan penyebaran kebencian lewat ceramah di masjid. "Kita mengimbau masyarakat seandainya menemukan ada indikasi silakan disampaikan ke petugas kami," ujar jenderal bintang satu ini.

Pengawasan masjid ini dilakukan setelah Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengingatkan upaya pencegahan masjid dijadikan tempat menyebar ujaran kebencian. Untuk itu, perlu pengawasan dari polisi dan pemerintah daerah memperingatkan pengelola masjid yang dalam acara dakwahnya mengandung narasi kebencian. (Baca juga: Satu KKSB Tewas Kontak Tembak dengan TNI/Polri)

Selain mengerahkan polisi, Kiai Ma'ruf mengatakan perlu pendataan yang jelas masjid mana saja yang berpotensi terpapar. Ia mengingatkan bahwa masjid harus diisi dengan narasi kerukunan dan kasih sayang.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak