Panglima TNI Minta Jajaran Tingkatkan Kemampuan Siber

Kamis, 26 September 2024 - 06:29 WIB
loading...
Panglima TNI Minta Jajaran...
Forum Group Discussion (FGD) Pembentukan Angkatan TNI, Rabu (25/9/2024). FOTO/SINDOnews/RIANA RIZKIA
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meminta kepada semua jajarannya agar dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuannya untuk bersiap diri mampu menjaga, serta melindungi berbagai ancaman di ruang siber . Hal itu sejalan dengan rencana pembentukan matra keempat TNI dalam bidang siber.

"TNI harus memiliki kemampuan deteksi dini, respons cepat dan mitigasi serangan siber untuk mencegah kerusakan dan gangguan operasional," kata Kasum TNI Letjen TNI Richard Tampubolon saat mewakili Panglima TNI membuka Forum Group Discussion (FGD) Pembentukan Angkatan TNI, Rabu (25/9/2024).

Panglima mengatakan, medan operasi sudah berkembang dan merambah ruang digital. Medan operasi yang sebelumnya hanya mencakup operasi di darat, laut, udara dan ruang angkasa, kini bertambah mencakup ruang siber.



Dinamika perkembangan lingkungan strategis pada saat ini, telah memberikan multiplier effect terhadap geopolitik dan geostrategi suatu negara termasuk Indonesia. Menurut Panglima pergeseran cara berperang yang merambah ruang siber merupakan hasil berkembangnya revolusi industri 4.0, dan Society 5.0.

Tidak hanya itu, perkembangan tersebut juga berdampak pada aspek militer baik doktrin, taktik, dan teknik bertempur.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0872 seconds (0.1#10.140)