Sangat Menentukan Citra Polri, Begini Sosok yang Pas Jadi Kabareskrim

Minggu, 24 November 2019 - 15:47 WIB
Sangat Menentukan Citra Polri, Begini Sosok yang Pas Jadi Kabareskrim
Sangat Menentukan Citra Polri, Begini Sosok yang Pas Jadi Kabareskrim
A A A
JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai tidak ada persoalan apapun dalam penujukan Kabareskrim Polri.Kapolri kini hanya menungguwaktu yang tepat untuk mengumumkansiapa sosokKabareskrim baru.

"Kami yakin Pak Kapolri sudah memilikinama calon yang bagus. Selama ini dia dikenal berkinerja bagus, energik dan memiliki pengalaman yang matang di bagian reserse," ujar Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan di Jakarta, Minggu (24/11/2019).

Menurut mantan anggota Kompolnas ini, posisi Kabareskrim adalah jabatan strategis. KinerjaKabareskrim menjadi baromoter bagi publik apakah kinerjaPolri semakin baik.

"Hasil penelitian kami prestasi reserse bisa menaikkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Sebaliknya kegagalan reserse dalam tugas bisa menurunkan citra Polri," tukasnya.

Untuk itu, Lemkapi mengusulkan kepada Kapolri agar menunjuk pati yang berpengalaman dalam dunia reserse dan yang lebih penting memiliki kecocokan kerja dengan Kapolri. "Kami berpandangan,masalah junior atau senior dan lainnya tidak perlu dipersoalkan. Yang penting kinerjanya sudah teruji, integritasnya bagussehingga bisa meningkatkan kepercayaan masyrakat terhadap polri," jelas Pakar Hukum Kepolisian Program Pendidikan Pascarsarjana Universitas Bhayangkara ini.

Pemerhati kepolisian ini menambahkan, apabila ingin memajukan Polri juga jangan terlalu kaku dengan kebiasaan lama seperti yang disampaikanPresiden Jokowi beberapa waktu lalu saat melantik para menteri. "Polri butuh Pati yang visioner membangun Polri yang lebih baik. Walaupun muda, kalau dia mampu, publik pasti mendukungnya," tukas doktor ilmu hukum ini.

Adapun sejauh ini nama yang sudah beredar untuk calon Kabareskrim adakah Irjen Pol Listio Sigit dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Edy.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5042 seconds (0.1#10.140)