Inilah Profil 5 Penerima Kategori Pelestari AKI 2024

Selasa, 24 September 2024 - 00:10 WIB
loading...
A A A
Sardjono tidak hanya memendam kecintaannya pada seni pewayangan dan pedalangan di dirinya sendiri. Namun ternyata ia juga aktif mengajarkan dan mengajak generasi muda menyenangi dan mengenal pewayangan sekaligus pedalangan.

Sejumlah organisasi pewayangan dan pedalangan telah didirikan Sardjono sejak tahun 1961. Sejak menekuni dunia pewayangan dan pedalangan, Sardjono telah bertekad bahwa harus menjadi berkembang dan berkelanjutan pelestariannya oleh generasi selanjutnya.

5. PASAK Mengajak Melihat Kebesaran Sejarah

Komunitas Pelestari Sejarah Budaya Khadiri (PASAK) bukanlah organisasi baru yang peduli pada kebudayaan. Sejak 13 tahun lalu, PASAK telah melakukan serangkaian kegiatan guna menjaga warisan budaya dan melestarikan sejarah Kediri, Jawa Timur.

PASAK amat fokus pada pengenalan dan perlindungan situs bersejarah di Kediri. Selain itu, PASAK juga terlibat aktif dalam mengedukasi pelajar agar peduli pada masa depan budaya dan peninggalan sejarah Kediri.

PASAK juga kerap mencari keterangan sejarah dari para sesepuh dan tokoh masyarakat Kediri melalui rangkaian kegiatan diskusi rutin mingguan. Pada 2018, PASAK diganjar penghargaan dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek bekerjasama dengan Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia atas komitmen, dedikasi, dan jasanya dalam mendukung pelestarian kepurbakalaan di Jawa Timur.
(jon)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0619 seconds (0.1#10.140)