3 Jenderal Kostrad yang Dimutasi Panglima TNI, Salah Satunya Jadi Staf Khusus KSAD

Senin, 23 September 2024 - 11:53 WIB
loading...
3 Jenderal Kostrad yang...
Mayjen TNI Anton Yuliantoro (kiri) dimutasi menjadi sebagai Pa Sahli KSAD Tk III Bid Komunikasi Sosial. FOTO/KOSTRAD
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga Jenderal Kostrad yang terkena mutasi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto pada 11 September 2024. Mereka bertiga kini akan menduduki jabatan baru di luar Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Mutasi ini didasarkan pada Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1080/IX/2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto dalam keterangan tertulis, menyebutkan jika telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 130 Pati (Perwira Tinggi) TNI yang terdiri dari 68 Pati TNI AD, 39 Pati TNI AL, dan 23 Pati TNI AU.



Sebanyak 68 Pati TNI AD yang terkena mutasi ini tiga diantaranya adalah Pati yang berasal dari Kostrad. Sebagai Pati, mereka telah menduduki berbagai posisi strategis.

Jenderal Kostrad yang Dimutasi Panglima TNI:

1. Mayjen TNI Ilyas Alamsyah

3 Jenderal Kostrad yang Dimutasi Panglima TNI, Salah Satunya Jadi Staf Khusus KSAD

FOTO/IST

Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap sebelumnya sempat menjabat sebagai Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kas Kostrad) sejak 22 Maret 2024. Mutasi 11 September 2024 membuatnya dipindah-tugaskan menjadi Staf Khusus KSAD.

Ilyas yang lahir pada 4 November 1966, merupakan Pati TNI yang berasal dari lulusan Akmil 1988. Dalam riwayat kariernya, ia sempat menduduki posisi Pa Sahli Tk. III Kasad Bidang Polkamnas, dan Pangdam XVIII/Kasuari di 2023.

2. Mayjen TNI Anton Yuliantoro

3 Jenderal Kostrad yang Dimutasi Panglima TNI, Salah Satunya Jadi Staf Khusus KSAD

FOTO/IST

Selanjutnya, ada Mayjen TNI Anton Yuliantoro yang kini menjabat sebagai Pa Sahli KSAD Tk. III Bid. Komunikasi Sosial. Sebelumnya, ia sempat menduduki posisi Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad.

Anton Yuliantoro lahir pada 27 Juli 1969, di Andongsari, Ambulu, Jember, Jawa Timur. Dia mulai masuk ke militer sejak lulus dari Akmil pada 1991. Dalam riwayat kariernya, Anton pernah menduduki posisi Kasdivif 1/Kostrad tahun 2020, dan Aslog Kaskostrad di 2022.

3. Brigjen TNI Mokhamad Yasin

Terakhir, ada nama Brigjen TNI Mokhamad Yasin yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad). Dia menggantikan Brigjen TNI Hery Setiyono yang ditugaskan menjadi Widyaiswara Bid. Juangpimp Seskoad.

Mokhamad Yasin sebelumnya sempat menduduki posisi Asisten Teritorial (Aster) Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kas Kostrad). Posisi itu kini diduduki oleh Kolonel Inf Sabdono Budi Wiryanto yang naik pangkat.

Itulah tiga Jenderal Kostrad yang dimutasi Panglima TNI pada pertengahan September 2024.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0895 seconds (0.1#10.140)