Tes Wawancara Capim KPK, Pahala Nainggolan Dicecar Kelanjutan Dugaan Gratifikasi Kaesang

Rabu, 18 September 2024 - 14:33 WIB
loading...
Tes Wawancara Capim...
Pahala Nainggolan dicecar terkait isu dugaan gratifikasi yang menyeret nama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat tes wawancara capim KPK, Rabu (18/9/2024). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan menjalani tes wawancara calon pimpinan KPK periode 2024-2029. Pahala Nainggolan juga dicecar terkait isu dugaan gratifikasi yang menyeret nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep .

Pahala Nainggolan mengatakan kasus dugaan gratifikasi tersebut akan segera diputuskan oleh pimpinan KPK.

"Yang untuk jet pribadi, saya mohon maaf Pak, bahwa ini di ranah internal KPK, diputus pimpinan Pak. Jadi jangan ditanya pendapat saya apa Pak," kata Pahala menjawab pertanyaan dari perwakilan Masyarakat Sipil di Kemensetneg, Jakarta, Rabu (18/9/2024).



Pahala mengaku tidak bisa menjelaskan secara rinci perihal kasus yang menyeret nama putra bungsu Presiden Jokowi tersebut. Sebab, hal itu hanya akan dibahas di internal KPK.

"Yang pertama Minggu lalu di rapim kita ya berdebat soal itu. Tapi saya sekali lagi minta maaf, di forum ini saya nggak bisa bilang pendapat saya apa, karena itu di internal saja, dan itu akan ada putusan pimpinan seperti apa," katanya.

Untuk diketahui, Kaesang Pangarep mendatangi Gedung KPK untuk mengklarifikasi terkait penggunaan jet pribadi saat melakukan kunjungan ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu bersama sang istri, Erina Gudono.

Kaesang mengaku bahwa bahwa jet pribadi yang ditumpanginya itu merupakan milik seorang rekan atau temannya. "Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," kata Kaesang di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).



Kendati begitu, Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tak menyebutkan sosok dari rekannya tersebut. "Jadi intinya untuk lebih lanjutnya bisa ditanyakan ke KPK untuk lebih detilnya dan lebih lanjutnya," katanya.

Kaesang dianggap menerima gratifikasi berupa penggunaan jet pribadi. Persoalan tersebut berawal dari hebohnya jagat media sosial terkait Kaesang dan istrinya Erina Gudono yang disinyalir menyewa jet pribadi mewah saat plesiran ke Amerika Serikat (AS).

Postingan ini lantas mengundang rasa penasaran netizen. Warganet menduga Kaesang dan Erina menyewa pesawat jet pribadi mewah. Hal ini terlihat saat Erina memamerkan view jendela pesawatnya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)