Polemik Celana Cingkrang, Politikus PDIP Nilai Menag Bikin Gaduh

Kamis, 07 November 2019 - 17:53 WIB
Polemik Celana Cingkrang, Politikus PDIP Nilai Menag Bikin Gaduh
Polemik Celana Cingkrang, Politikus PDIP Nilai Menag Bikin Gaduh
A A A
JAKARTA - Niat Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi melarang pengguna cadar dan celana cingkrang masuk Kementerian Agama (Kemenag) terus disinggung dalam rapat Komisi VIII DPR dengan Kemenag.

Kali ini, kritikan dari Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Diah Pitaloka.

"Baru langkah satu sudah bikin gaduh. Saya melihatnya sebetulnya dari kaca mata yang berbeda. Bapak mengusulkan untuk juga diikuti dengan dilakukannya penelitiannya. Begitu ya Pak Menteri ya mengenai cadar dan celana cingkrang. Tapi tidak mengambil kebijakan apa pun mengenai itu," ujar Diah di ruang rapat Komisi VIII DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Karena itu, kata dia, Indonesia adalah negara yang sangat terbuka dan inklusif. "Kita tidak pernah melarang umat agama apa pun menggunakan identitas agamanya termasuk pemakaian cadar," katanya.

Kendati demikian dia yakin Menag Fachrul tidak melarang penggunaan cadar dan celana cingkrang, tapi hanya mengusulkan atau membuat pernyataan bagaimana dalam kehidupan bernegara.

"Jadi, yang diatur kehidupan bernegaranya bukan kehidupan beragamanya yang saya tangkap oleh Pak Menteri," katanya.

Dia mengatakan, Menag Fachrul Razi juga sudah menyampaikan maaf. Dia pun menilai sikap Menag Fachrul kesatria.
"Ya mereka yang memaafkan adalah salah satu karakter orang yang bertakwa, yang oleh Allah diberikan ganjaran ampunan dan surga. Nah saya pikir ketika Pak Menteri meminta maaf setelah ada kegaduhan ini kita semua mencoba untuk memahami dan memaafkan," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4513 seconds (0.1#10.140)