Istana Sebut Ahli Hukum Bakal Dominasi Dewan Pengawas KPK

Senin, 04 November 2019 - 20:49 WIB
Istana Sebut Ahli Hukum Bakal Dominasi Dewan Pengawas KPK
Istana Sebut Ahli Hukum Bakal Dominasi Dewan Pengawas KPK
A A A
JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyebut ahli hukum bakal mendominasi Dewan Pengawasa KPK. Namun dia mengatakan hal tersebit belum final diputuskan.

“Macam-macam. Tentu saja ahli hukum yang akan banyak ya. Tapi juga ada non-hukum, ada dimensi sosialnya muncul. Tapi belum diputuskan final. Sekarang masih listing lah,” katanya di Gedung Krida Bhakti, Senin (4/11/2019).

Dia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih meminta masukan berbagai pihak untuk pengisian Dewan Pengawas KPK. Menurutnya waktu pemilihan masih banyak karena baru Desember akan dilantik.

“Masukan berbagai pihak. Dewan pengawas kan presiden masih banyak waktu. Nanti diangkat bersamaan dengan pimpinan KPK yang baru. Masih bulan Desember. Sementara ini Pak Presiden setiap saat ketemu, selalu meminta masukan kira-kira siapa. Intinya kan mengawal kerja pimpinan KPK yang baru,” tuturnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengaku masih pada proses mendapatkan masukan-masukan. Dia mengatakan Dewan Pengawas KPK akan dilantik bersamaan dengan pimpinan KPK yang baru.

“Untuk pelantikan Dewan Pengawas KPK nanti akan bersamaan dengan pengambilan sumpah pimpinan komisioner KPK yang baru yaitu di Desember. Hal ini sudah tercantum di peraturan peralihan yang ada,” tuturnya.

Jokowi memastikan bahwa untuk pemilihan Dewan Pengawas KPK yang pertama ini tidak akan melalui panitia seleksi. Untuk pertama kalinya tidak lewat pansel. Tapi percayalah yang terpilih nanti adalah beliau-beliau yang memiliki kredibilitas yang baik,” katanya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6274 seconds (0.1#10.140)