Generasi Muda Diingatkan Pegang Teguh Nilai Pancasila

Rabu, 11 September 2024 - 15:30 WIB
loading...
Generasi Muda Diingatkan...
Pengajar tetap FHUI dan pendiri Puska HP FHUI, Kris Wijoyo Soepandji dalam peringatan 100 tahun Pendidikan Tinggi Hukum Indonesia dan se-Abad Dies Natalis FHUI, di Kampus UI, Depok. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Generasi muda diingatkan untuk memegang teguh nilai-nilai Pancasila. Hal ini mengingat kondisi sekarang yang penuh dengan tantangan global dan memerlukan prinsip yang kuat bagi generasi muda.

Pandangan ini disampaikan oleh pengajar tetap Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) dan pendiri Pusat Kajian Hukum dan Pancasila (Puska HP FHUI), Kris Wijoyo Soepandji dalam peringatan 100 tahun Pendidikan Tinggi Hukum Indonesia dan se-Abad Dies Natalis FHUI, di Kampus UI, Depok.

Soepandji mengambil contoh konsep kerakyatan Indonesia yang harus dipimpin hikmat kebijaksanaan. Hal ini menurutnya, merupakan wujud keyakinan spiritual utuh pada Tuhan yang Maha Esa. Ini bersifat tetap dan selalu tunggal dengan jiwa bangsa Indonesia.

"Implikasinya terdapat pada kepemimpinan nasional Indonesia yang harus mengkonsolidasikan secara lahir-batin segenap sumber daya nasional. Sehingga membawa transformasi positif bagi bangsa," kata Soepandji, Rabu (11/9/2024).

Lebih lanjut Soepandji menyoroti, tingginya dinamika geopolitik saat ini. Hal ini ditandai ketegangan di berbagai belahan dunia akibat berbagai faktor seperti perang dan perubahan iklim, ketidakpastian perekonomian dunia serta dinamika politik dalam negeri.

Uniknya, seluruh fenomena ini kian mendorong seluruh elemen bangsa Indonesia agar semakin setia pada nilai-nilai Pancasila.

"Karena sudah terbukti bahwa ruh kerakyatan Indonesia dalam pelaksanaan negara hukum jauh berbeda dengan model demokrasi ala Barat yang sekuler," ujar Soepandji.

Soepandji juga menekankan, bahwa saat bangsa terpecah, perjalanan sejarah menunjukkan bangsa ini jatuh dalam dominasi asing. Di sisi lain sejarah dunia menunjukkan bahwa peradaban yang luhur, hanya bisa terlahir dari sentralisasi negara.

Tidak lupa juga dirinya juga mengaitkan perjalanan seabad pendidikan tinggi hukum Indonesia serta kepemimpinan nasional yang baru.

Maka Soepandji menyebut dalam sejarah sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan 1945, terdapat pesan penting dari almarhum Soepomo yang merupakan Guru Besar FHUI.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)