Jokowi Pilih Nadiem Jadi Mendikbud, PDIP: Investasi Masa Depan

Kamis, 24 Oktober 2019 - 13:18 WIB
Jokowi Pilih Nadiem Jadi Mendikbud, PDIP: Investasi Masa Depan
Jokowi Pilih Nadiem Jadi Mendikbud, PDIP: Investasi Masa Depan
A A A
JAKARTA - PDI Perjuangan menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memilih dan menetapkan Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dalam Kabinet 'Indonesia Maju' jilid II.

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, mantan CEO Gojek itu tidak diragukan lagi kemampuan profesionalnya. Dalam dirinya terjadi perpaduan antara profesionalitas, inovasi, komitmen, dan direction yang kuat terhadap kemajuan.

"Dari rekam jejak nasionalisme terekan dari silsilah keluarganya, di mana Nadiem merupakan keturunan dari Hamid Algadri, salah satu perintis kemerdekaan Indonesia," kata Hasto dalam pers rilisnya, Kamis (24/10/2019).

Meski demikian kata Hasto, mengingat dunia pendidikan dan kebudayaan itu begitu penting bagi masa depan bangsa dan negara, PDI Perjuangan mengingatkan pentingnya pemahaman terhadap politik pendidikan.

"Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan ruh dari politik pendidikan. Politik pendidikan itu mengabdi pada cita-cita kemanusiaan," ujarnya.

Masih kata Hasto, melalui dunia pendidikan dan kebudayaan, dibawah kepemimpinnan Nadiem, maka politik pendidikan itu bersifat membebaskan manusia Indonesia dari berbagai belenggu penjajahan.

Hasto menilai, kebodohan itu bagian dari hasil penjajahan dan ketidakadilan. Maka pendidikan bersifat untuk semua. Pendidikan harus masif dan difasilitasi dengan teknologi informasi modern sehingga terjangkau bagi siapapun.

Demikian halnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi harus didesain sebagai bagian politik pembebasan agar semakin tinggi derajat kemanusiaaan. Di sini kebudayaan menjadi karakter dan penuh dengan warna Indonesia.

"Dengan jati diri kebudayaan Indonesia tersebut maka sistem pendidikan nasional harus mampu membuat manusia Indonesia melesat cepat sebagai manusia cerdas, mumpuni, berdisiplin, berkemajuan, dan berbudi pekerti," tutur dia.

Selamat untuk Nadiem Makarim. "Pendidikan adalah investasi masa depan bangsa dan penuh dengan nilai kemanusiaan," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7088 seconds (0.1#10.140)