Inovasi dan Kinerja Wali Kota Semarang Kembali Raih Apresiasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 20:41 WIB
Inovasi dan Kinerja Wali Kota Semarang Kembali Raih Apresiasi
Inovasi dan Kinerja Wali Kota Semarang Kembali Raih Apresiasi
A A A
SEMARANG - Pembenahan kota yang terus dilakukan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi kembali mendapat apresiasi dari sejumlah pihak. Kali ini, apresiasi diberikan oleh Badan Informasi Geospasial dan media Okezone.com.

Pada Kamis (17/10/2019) lalu, Badan Informasi Geospasial menganugerahkan Bhumandala Award kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang yang dinilai berhasil secara mandiri mengembangkan dan menerapkan inovasi pemanfaatan informasi geospasial dalam tata kelola pemerintahan.

Penghargaan Bhumandala Award sendiri diserahkan secara langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia, Bambang Brodjonegoro kepada wali kota yang akrab disapa Hendi, diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Tata Ruang Kota Semarang, Irwansyah.

Penghargaan tersebut diraih atas inovasi 1 (one) klik investasi yang dikembangkan oleh Hendi di dalam upayanya mempercepat proses investasi. Melalui sistem inovasi ini, akan memberikan kemudahan bagi para calon investor yang akan menanamkan investasi di Kota Semarang cukup dengan sekali klik.

"Melalui aplikasi ini juga memberikan informasi secara cepat, tepat dan akurat kepada calon investor tentang diijinkan atau tidaknya suatu jenis investasi tanpa harus datang ke kantor pelayanan," terang Irwansyah.

Kemudian pada Jumat (18/10/2019) dalam event "Sang Pemimpin", Prestasi Daerah Inspirasi Negeri, Okezone.com memberikan penghargaan kategori Pariwisata kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang diwakili oleh Kabag Humas dan Protokol, Wing Wiyarso.

Wali Kota Semarang dinilai berhasil mengangkat sektor pariwisata yang salah satunya adalah melalui revitalisasi Kota Lama. Sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Semarang, saat ini Kota Lama sedang memasuki masa transisi.

Perubahan wajah baru Kota Lama Semarang saat ini telah nampak dengan revitalisasi tahap I yang di antaranya menggarap drainase jalan, pemasangan material batu andesit, hingga lampu, dan street furniture mulai terselesaikan.

Kini, sebanyak 80% dari 116 bangunan gedung cagar budaya sudah mengalami revitalisasi dengan melibatkan pihak swasta dan pemilik gedung untuk menggunakan kembali bangunannya menjadi beragam kegunaan.

Revitalisasi juga disertai dengan memanfaatkan gedung-gedung tua di kawasan Kota Lama sebagai kawasan ekonomi dan bisnis. Gedung tua cagar budaya tersebut disulap menjadi perkantoran, restoran, café, kedai kopi dan tempat wisata. Jauh dari kesan kumuh, dan rawan kriminalitas seperti stigma yang melekat pada Kota Lama sebelumnya.

Dalam sambutannya, CEO Okezone.com Daniel Hartono mengatakan bahwa penghargaan Sang Pemimpin merupakan bentuk apresiasi Okezone.com kepada kepala daerah berprestasi dalam memajukan daerahnya dan berkontribusi terhadap pembangunan nasional.

"Sehingga pembangunan dapat terlaksana dengan cepat, terukur, dan memberikan efek positif, sehingga kesejahteraan masyarakat juga diratakan," tambahnya.

Sementara, Hendi menyampaikan bahwa penghargaan yang berhasil diraih ini merupakan wujud konsep Bergerak Bersama yang selama ini menjadi ruh bagi pembangunan Kota Semarang.

"Saya ucapkan terima kasih atas prestasi ini. Capaian yang positif ini merupakan kerja bersama antara Pemerintah Kota Semarang dan seluruh stakeholder. Sejalan dengan semangat Pak Jokowi untuk mewujudkan percepatan pembangunan, maka Saya ingin prestasi ini menjadi motivasi buat kawan-kawan di jajaran Birokrasi Pemerintah Kota Semarang untuk terus berinovasi," kata Hendi.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0973 seconds (0.1#10.140)